pentingnya menjaga jaringan saraf tetap sehat

Penting sekali untuk selalu menjaga jaringan saraf agar tetap sehat. Pasalnya, gangguan pada saraf, khususnya saraf tepi bisa memicu beragam penyakit. Salah satunya adalah neuropati, yakni istilah yang digunakan untuk gejala gangguan pada saraf tepi yang ada di tubuh.

Gejala neuropati yang muncul berupa kebas, kesemutan hingga nyeri dan kram. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa penyakit yang berkaitan dengan jaringan saraf hanya terjadi pada lansia, kenyataannya penyakit ini juga bisa menyerang orang-orang yang masih berusia muda.

Secara umum, jaringan saraf mempunyai fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia. Itu sebabnya, menjaga saraf sehat merupakan suatu keharusan bagi semua orang. Termasuk keluarga agar terhindar dari risiko neuropati. Adapun beberapa tips pencegahan kerusakan jaringan saraf yang bisa dilakukan ialah sebagai berikut:

Pola Hidup yang Sehat

Menerapkan pola hidup yang sehat bisa membantu merawat jaringan saraf. Ayah dan Bunda bisa mengajak anak-anak untuk berolahraga secara teratur, setidaknya 30 menit setiap hari.

Contohnya, di pagi hari sebelum memulai rutinitas sekolah dan bekerja, bisa jogging memutari kompleks perumahan atau olahraga ringan di halaman rumah seperti pemanasan, push up dan sebagainya. Usahakan pula untuk mencukupi waktu tidur, yaitu sekitar 7 – 9 jam setiap malam.

Mengonsumsi Makanan Sehat 

Kebiasaan mengonsumsi makanan-makanan sehat akan membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, termasuk mencegah kerusakan pada jaringan saraf. Nah, ibu perlu mencukupinya dengan selalu menyediakan makanan sehat di rumah.

Anak-anak juga perlu dibiasakan mengonsumsi makanan sehat sebagai tindak pencegahan dini terhadap neuropati. Ibu bisa mengolah makanan yang mengandung omega-3, vitamin B1, B6 dan B12, seperti daging, ikan, kacang-kacangan dan susu.

Ajak anak-anak dalam proses memasak agar mereka lebih antusias dengan makanan yang akan mereka konsumsi. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air putih, minimal minum sekitar 8 gelas setiap harinya.

Berhenti Merokok 

Siapa Ayah yang masih merokok di sini? Sebagai salah satu NeuroHero di rumah, sosok ayah harus menjadi panutan bagi anak-anaknya. Caranya, dengan menghentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol secara berlebihan.

Pasalnya, kedua hal tersebut mampu meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, salah satunya yang berkaitan dengan sistem saraf seperti neuropati.

Setelah menyimak tips-tips di atas, Ayah dan Bunda perlu bekerja sama untuk mengubah pola hidup keluarga menjadi lebih sehat. Ajak anak untuk selalu mengonsumsi makanan sehat, olahraga bersama, membersihkan rumah dan kegiatan lainnya.

Selain menjaga kesehatan saraf, berbagai kegiatan tersebut juga akan semakin mengeratkan hubungan kedekatan antara orang tua dan anak. Yuk cegah neuropati bersama keluarga dengan hidup lebih sehat!

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.