Sistem Pembayaran Online

Masyarakat kini semakin berminat dengan sistem pembayaran online, terlebih ketika seluruh dunia sedang menghadapi pandemi COVID-19. Sebab, sistem pembayaran ini memberikan kemudahan dalam bertransaksi, apalagi bagi orang yang gemar berbelanja online.

Selain cepat, transaksi juga jadi lebih praktis dan diproses secara langsung. Tidak perlu lagi membawa uang tunai atau pergi ke ATM untuk melakukan pembayaran. Kita bisa melakukannya hanya dari rumah, cukup dengan smartphone dan jaringan internet yang memadai.

Melihat fenomena tersebut, ada baiknya untuk mempelajari terlebih dahulu mengenai apa saja jenis-jenis pembayaran online. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Kartu Kredit (Credit Card)

Salah satu metode pembayaran, baik untuk transaksi offline maupun online ini sangatlah populer di kalangan masyarakat. Kartu kredit akan memberikan akses pembayaran secara real time. Terlebih dengan adanya dukungan banyak sektor bisnis, sehingga alat pembayaran ini selalu menjadi opsi pembayaran online.

Kartu kredit juga bisa kita gunakan sebagai metode pembayaran di luar negeri, sehingga tidak perlu lagi untuk melakukan tarik tunai. Pembayaran tagihannya pun bisa kita lakukan dalam jangka waktu yang berbeda dengan waktu penggunaan.

Akan tetapi, sistem pembayaran ini rentan terkena carding atau berbagai masalah keamanan cyber lainnya. Oleh sebab itu, kita harus mengetahui keamanan dan validitas suatu website atau e-commerce sebelum melakukan pembayaran.

E-Banking

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, banyak bank yang mengeluarkan inovasi baru dengan mengembangkan sistem E-Banking atau electronic banking. Itu merupakan suatu sistem yang memungkinkan para nasabah untuk melakukan berbagai transaksi perbankan melalui jaringan internet.

Dua produk E-Banking yang paling diminati oleh masyarakat adalah internet banking dan mobile banking. Kita bisa mengakses E-Banking secara gratis. Meski gratis, kita tetap membutuhkan sinyal koneksi internet yang kuat untuk mendapatkan akses E-Banking dengan lancar.

Tidak hanya sebagai sistem pembayaran, kita pun bisa melihat transaksi perbankan lainnya seperti membuka rekening tabungan baru, pengecekan saldo dan lain-lain.

E-Wallet

Pasti sudah familiar dengan kehadiran dompet digital atau lebih dikenal dengan nama E-Wallet. Dengan adanya sistem pembayaran ini, kita bisa menyimpan uang elektronik dan melakukan berbagai transaksi seperti pembayaran tagihan, pembayaran e-commerce, isi pulsa atau transfer uang.

Selain itu, berbagai platform E-Wallet seperti OVO, GoPay, DANA dan sebagainya sering memberikan banyak promo menarik. Promo menariknya antara lain cashback, diskon hingga voucher gratis. Platform E-Commerce seperti Shopee juga mengeluarkan e-wallet bernama ShopeePay yang bisa kita gunakan saat bertransaksi di laman e-commerce mereka.

QR Code

Tren pembayaran dengan QR Code juga ikut berkembang pesat. Cukup dengan memindai kode unik QR (Quick Response Code) yang tersedia di merchant dengan smartphone, dan wala! Kita bisa melakukan proses pembayaran dengan cepat.

Ibaratnya seperti proses pemindaian barang yang dilakukan kasir di supermarket atau minimarket dekat rumah. Hanya dengan memindai kode, harga barang akan tertera dan bisa melakukan pembayaran secara langsung. Teknologi ini sudah banyak digunakan dalam alikasi E-Wallet dan mobile banking.

Itulah beberapa jenis sistem pembayaran online yang perlu kita ketahui. Semua sistem pembayaran online di atas bisa terakomodir apabila bisnis online menggunakan Midtrans sebagai payment gateway terbaik.

Midtrans menyediakan 24 metode pembayaran online (online payment) untuk memudahkan pelanggan dalam bertransaksi secara online. Selain itu, mereka juga menyediakan pembayaran langsung di outlet dengan sistem In-Store Payment. Ada juga Payouts yang memudahkan kita untuk mengirimkan dana ke mana saja dengan mitra bank mereka.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera daftar di Midtrans untuk membantu mengelola semua pembayaran dalam bisnis online! Info selengkapnya bisa dilihat di midtrans.com. Semoga bermanfaat!

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.