makassar

Blog Mas EndiMakassar merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di wilayah timur Indonesia. Ibukota dari Provinsi Sulawesi Selatan ini menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh turis asing atau domestik.

Tak hanya menawarkan keindahan alam dan kotanya, Makassar juga mempunyai beraneka macam kuliner tradisional khas dan legendaris. Contohnya seperti Coto Makassar dan Es Pallu Butung.

Ini dia beberapa kuliner khas Makassar yang dikutip dari Radar Blitar yang akan membuat lidah Anda bergoyang karena kelezatannya, yuk kita simak bersama!

Kuliner Makassar yang Menjadi Favorit Wisatawan

Coto Makassar

Kuliner satu ini sudah dikenal dan populer hingga seluruh Indonesia. Coto Makassar terbuat dari bahan jeroan sapi yang direbus lama. Kemudian, rebusan jeroan ini dicampur dengan daging sapi yang sudah diiris-iris, dilengkapi racikan bumbu khusus lalu disajikan dalam mangkuk.

Sajian legendaris ini biasa dinikmati dengan buras, yang merupakan sejenis ketupat khas Sulawesi yang dibungkus dengan daun pisang.

Sop Konro

Merupakan masakan tradisional khas suku Bugis dan Makassar. Sop Konro juga salah kuliner khas Makassar berkuah yang dapat dinikmati dengan buras. Kuahnya mirip dengan kuah rawon di Jawa karena sama-sama dibuat dari buah kluwak.

Rasanya relatif kuat dan pedas sebab dimasak dengan bumbu campuran rempah-rempah seperti ketumbar, kluwak, sedikit pala, kunyit, kencur, cengkih, asam, daun lemon serta daun salam.

Pallu Mara

Sajian ini terbuat dari daging atau kepala ikan kakap. Cita rasa yang dimiliki Pallu Mara sedikit asam karena bumbu dan rempah yang digunakan untuk memasak. Umumnya, kuliner khas satu ini dinikmati dengan nasi putih yang masih hangat.

Pallu Basa

Pallu Basa hampir mirip dengan Coto Makassar, dari mulai bahan dan proses memasaknya. Pembeda dari dua sajian tersebut ada pada bumbunya.

Kuliner satu ini memiliki resep bumbu tersendiri dan diracik secara khusus. Sama dengan Pallu Mara, Palu Basa sangat cocok dinikmati dengan nasi putih yang masih hangat. Membayangkannya saja sudah ngiler, ya!

Es Pallu Butung

Kuliner ini selalu muncul di bulan Ramadhan. Terbuat dari tepung beras, santan, gula pasir, daun pandan, garam dan vanili yang dicampurkan hingga mengental. Kemudian, masukkan potongan pisang raja yang sebelumnya sudah direbus atau dikukus.

Lalu, sajikan dengan menambahkan parutan es batu di atasnya, juga ditambah siraman sirup agar lebih manis. Selain dihidangkan menjadi es, Pallu Butung juga dapat dihidangkan hangat-hangat.

Es Pisang Ijo

Sama seperti kuliner sebelumnya, Es Pisang Ijo menjadi kuliner yang sering muncul di bulan Ramadhan dan menjadi takjil favorit semua orang. Dinamakan pisang ijo, karena pisang yang sudah matang dilapisi dengan kulit yang bahannya terbuat dari tepung dan diberi pewarna makanan yang berwarna hijau.

Itulah beberapa kuliner khas Makassar legendaris dan menjadi favorit wisatawan yang sedang berlibur ke sana. Semoga bermanfaat, ya!

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *