jenis triplek

Jenis Triplek – Triplek adalah papan lembaran pabrikan yang terbuat dari olahan kayu. Sebagai material kayu berupa papan, kayu lapis memiliki kelebihan dibandingkan kayu solid. Triplek punya potensi yang besar untuk menjadi bahan dari produk furniture dari segi bentuk dan jenisnya.

Akan tetapi, sebelum Anda hendak memanfaatkan kayu triplek untuk material rangka furniture, Anda harus tahu terlebih dahulu jenis-jenis triplek yang ada di pasaran agar tidak salah membeli dan sesuai dengan kegunaannya.

Jenis-jenis Triplek

Particle Board

Produksi particle board ini dengan menggunakan cara mengumpulkan sisa serpihan-serpihan kayu lalu memadatkannya. Setelah itu, dicetak dengan tekanan dalam suhu tinggi sehingga membentuk papan.

Triplek jenis ini sebenarnya mempunyai kualitas yang tidak terlalu bagus, karena rentan air dan daya dukung yang sangat rendah. Meski begitu, banyak yang menggunakan particle board sebagai bahan baku pembuatan furniture yang lebih ekonomis daripada furniture rangka MDF atau Multipleks.

Multiplek (Plywood)

Multiplek atau nama lainnya plywood terbuat dari kombinasi lapisan serat-serat kayu dan kulit kayu berlapis-lapis. Lalu, dipress atau dipadatkan menggunakan tekanan yang sangat tinggi. Triplek jenis ini mempunyai tekstur yang rapat dan kuat, dengan lapisan permukaan luar (atas dan bawah) lebih kuat daripada lapisan tengahnya.

Sifatnya yang tahan air membuat multiplek plywood bisa bertahan lama, bahkan hingga puluhan tahun. Asalkan, Anda merawatnya dengan baik. Selain itu, triplek ini mempunyai tekanan tekuk yang baik, membuat multipleks cocok sebagai bahan baku pembuatan furniture tempat tinggal yang berkualitas.

Blockboard

Berbeda dengan jenis triplek sebelumnya yang tersusun dari lapisan kayu solid, jenis triplek blockboard tersusun dari balok-balok kayu lunak. Terdiri dari dua lapisan luar dan satu lapisan tengah yang tergabung menjadi satu. Dua lapisan luarnya mempunyai ketebalan yang lebih tipis dari lapisan tengah, yaitu sekitar 0,5 – 2 mm.

Sementara, lapisan tengahany memiliki tebal sekitar 20 – 30 mm. Umumnya, bagian lapisan tengah blockboard terbuat dari kayu akasia atau meranti yang solid sehingga sulit untuk melengkung.

Untuk bagian luarnya, permukan triplek satu ini terlapisi veneer kayu sehingga menampilkan kesan halus serta mengkilap. Sehingga, furniture yang terbuat dari jenis triple blockboard sangat cocok untuk menampilkan kesan elegan dan modern di dalam ruangan.

Teakblock

Teakblock merupakan kayu olahan yang masih termasuk dalam variasi blockboard yang terbuat dari kayu jati. Teak yang berarti jati dan block yang mengindikasikan bahwa jenis triplek ini tergolong blockboard.

Tak ayal, jika jenis triplek satu ini mempunyai harga yang lumayan mahal dibandingkan dengan varian blockboard yang lain. Selain memiliki kekuatan yang sangat bagus karena terbuat dari jati, teakblock ini juga memiliki keindahan dan pilihan motif yang beraneka ragam.

Medium Density Fiberboard (MDF)

MDF atau papan serat kayu adalah jenis triplek yang terbuat dari hasil campuran serat kayu lunak dan serat kayu keras. Serat-serat kayu tersebut kemudian ditempelkan menggunakan lem atau lilin, kemudian dicetak di dalam mesin dengan temperatur serta tekanan yang sangat tinggi, dengan bantuan resin dalam prosesnya.

Karena itu, susunan pori-pori dan permukaan jenis triplek MDF ini jauh lebih baik dan halus daripada permukaan particle board. Banyak yang menggunakan MDF sebagai rangka furniture atau mebel interior dan box loudspeaker.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *