ciri-ciri berat badan bayi kurang normal

Berat badan ideal bayi adalah salah satu tolak ukur guna menilai pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Bayi memiliki status gizi yang baik jika indikator tumbuh kembangnya sesuai dengan jalur yang tepat, salah satunya berat badan yang tidak rendah.

Apabila berat bayi berada di bawah rentang normal, mungkin saja karena asupan harian yang tidak terpenuhi secara optimal. Lalu, bagaimana ciri berat badan bayi kurang dari normal? Simak ulasannya berikut ini, ya!

Ciri – Ciri Bayi Mempunyai Berat Badan Kurang

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah si kecil sekarang kurang, normal, atau lebih adalah dengan membandingkan berat badan ketika lahir. Apabila saat berat badan bayi sudah mencapai tiga kali dari bobot tubuhnya ketika lahir maka pertumbuhannya tergolong normal.

Agar lebih jelas, Bunda bisa melihat Permenkes Nomor 2 Tahun 2020 untuk melihat kategori berat badan bayi. Menurut peraturan tersebut, berat badan bayi tergolongkan menjadi beberapa berdasarkan usia mereka.

Berat badan sangat kurang jika standar deviasinya kurang dari -3, berat badan kurang apabila standar deviasinya -3 sampai -2, sedangkan normal jika -2 hingga +1, dan risiko berat badan lebih jika standar deviasinya lebih dari +1.

Selain berdasarkan usia, peraturan tersebut juga menggolongkan berat badan menurut panjang badan. Bayi mengalami gizi buruk jika standar deviasinya kurang dari -3, gizi kurang jika berada pada rentang -3 hingga -2, sedangkan berat normal apabila standar deviasinya -2 sampai +1.

Tidak hanya itu, bayi akan berisiko gizi lebih jika standar deviasinya +1 sampai +2 dan obesitas jika lebih dari +3.

Jadi, berat bayi normal jika  standar deviasinya berada pada rentang -2 hingga +1. Apabila berat badannya kurang dari -2 SD berarti bayi mengalami berat badan kurang atau sangat kurang.

Nah, banyak hal yang bisa Bunda lakukan untuk mencegah penurunan berat badan bayi, salah satunya pemberian ASI. Tidak hanya memperhatikan ASI, Bunda juga perlu memerhatikan popok yang bayi kenakan.

Hal tersebut karena popok akan meningkatkan kenyamanan saat si Kecil menyusu. Pilihlah popok yang nyaman dan aman untuk aktivitas buah hati, ya Bunda.

Bunda bisa mencoba Popok Merries Premium Pants yang memiliki sirkulasi udara sehingga kulit bayi bebas bernapas. Selain itu, bagian pinggang yang pas dan mudah Bunda renggangkan akan membuat si Kecil terhindar dari ruam popok sehingga semakin nyaman.

Jika Bunda tertarik, silakan kunjungi merries.co.id untuk mendapatkan informasi lebih detail tentang produknya. Yuk, jaga berat badan ideal bayi bersama Popok Merries! Semoga bermanfaat!

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.