Jenis Makanan Sahur yang Menyehatkan dan Mengenyangkan

makanan sahur menyehatkan

Makanan sahur menyehatkan wajib dimiliki sebagai menu puasa agar tidak lemas. 5 menu sahur sehat yang bisa dibuat harus memiliki kandungan 4 sehat 5 sempurna. Tujuannya agar badan tetap memiliki energi walaupun berpuasa seharian penuh.

Menu Makanan Sahur yang Mengenyangkan

Dalam menjalani ibadah puasa yang semangat, makan sahur yang menyehatkan perlu disiapkan. Terlebih jika aktivitas saat puasa tetap padat seperti biasanya. Ada 5 menu sahur agar kuat puasa dan bisa menjadi pilihan dalam santapan bersama keluarga.

makanan sahur yang sehat dan mengenyangkan

(sumber: https://pixabay.com/photos/water-spinach-kangkong-sambal-chilli-1628620/)

Tumisan

Jika ingin makanan sahur menyehatkan, tumisan sayur bisa menjadi pilihan yang tepat. Memiliki banyak jenis sayur yang lengkap dengan vitamin, pastinya menu tumisan bisa membantu memaksimalkan gizi selama berpuasa.

Tumisan yang bisa dibuat yaitu brokoli, sawi, bayam, kangkung, kembang kol, dan capcay. Semua menu tumisan bisa ditambahkan daging atau bakso agar lebih lezat.

Sayur sop

Sayur sop bisa menjadi hidangan makanan sahur menyehatkan dan juga menyegarkan saat disantap. Kuahnya yang hangat membuat semangat sahur semakin bertambah. Isian sayur pada sop bisa menggunakan brokoli, kacang polong, kentang, wortel, dan makaroni.

Selain isian sayur, untuk menambah variasi bisa ditambahkan daging ayam dan bakso. Sehingga anak-anak yang belum terbiasa makan sayur bisa menikmati menu sahur dengan semangat.

Udang Asam Manis

Jika ingin menyantap menu sahur agar kuat puasa dengan seafood bisa mencoba udang asam manis. Menu ini memiliki kandungan gizi yang banyak dari seafood maupun dari bumbu yang dimiliki. Rasa dari bumbunya juga membuat banyak orang ketagihan.

Selain udang menu lain yang bisa digunakan dengan cita rasa asam manis adalah daging sapi, daging ayam, cumi, maupun ikan. Sehingga menu makanan untuk sahur semakin beraneka ragam.

Ayam kecap

Ayam kecap bisa menjadi pilihan makanan sahur menyehatkan yang lezat dengan rasa manis. Menu ini sangat cocok dihidangkan jika memiliki anak-anak yang berpuasa. Cara membuatnya juga mudah dan tidak memerlukan banyak bahan untuk disiapkan.

Menu ayam kecap bisa disajikan dengan nasi hangat untuk sahur. Rasa manis yang dimiliki ayam kecap bisa mencegah perut sakit karena menghindari makanan pedas.

Tempe goreng

Tempe menjadi makanan yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Ada banyak jenis menu tempe yang bisa dihidangkan saat sahur seperti tempe orek, tempe goreng, maupun tempe mendoan.

Bahkan tempe juga bisa dihidangkan sebagai tambahan tumis sayur agar lebih lezat. Makanan yang terbuat dari kacang kedelai ini sangat disukai anak-anak karena rasanya yang lezat.

Mie goreng

Mie goreng menjadi pilihan banyak orang untuk menu sahur yang disukai banyak orang, termasuk anak-anak. Menu mie goreng bisa ditambahkan dengan potongan sayur wortel atau kol.

Selain itu untuk menambah selera bisa ditambahkan daging, sosis, atau bakso. Sehingga menu sahur dengan mie goreng semakin lezat. Usahakan menyantapnya dengan menu lain agar mencegah perut sakit saat berpuasa seharian.

Telur

Telur menjadi menu tambahan dan kesukaan banyak orang. Kandungan gizi yang dimiliki telur juga sangat banyak dan bisa membuat tubuh sehat. Salah satu menu praktis dengan telur saat sahur adalah dadar atau omelet, telur ceplok, telur orak arik kecap.

5 makanan sahur menyehatkan bisa disajikan dengan bahan yang mudah dan cukup murah. Sajikan dengan nasi hangat agar kebutuhan karbohidrat terpenuhi. Siapkan teh atau minuman manis untuk menambah kadar gula dalam tubuh selama berpuasa.

Selain mengonsumsi sayuran yang sehat, teman-teman juga bisa lho bergabung bersama Komunitas Pertanian SariAgri untuk mengetahui update terbaru soal pertanian di Indonesia. Disamping itu, teman-teman juga bisa menggunakan testimoni Mosehat sebagai pencegah berbagai macam penyakit tubuh.

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *