13 Juli 2024
Asuransi Jiwa Berjangka

Pada saat seseorang berencana untuk membeli asuransi jiwa berjangka, biasanya ada dua pertimbangan utama yang menentukan pilihannya: besar premi dan berapa lama jangka waktu pertanggungannya.

Apabila saat ini Anda juga berada di posisi yang sama, maka sebaiknya pilih asuransi jiwa yang jangka waktunya berlangsung sampai seluruh tanggung jawab utama Anda terpenuhi. Lantas, berapa lama biasanya durasi asuransi jiwa berjangka?  Berikut ini informasi detail berdasarkan situs Nerdwallet dan situs Investopedia:

Lama Durasi Asuransi Jiwa Berjangka

Biasanya, jangka waktu perlindungan yang diberikan asuransi jiwa berjangka ini adalah 5, 10, 20, 25, dan 30 tahun. Namun, dalam beberapa kasus, durasinya bahkan bisa mencapai 40 tahun. Tentu, semakin lama durasi perlindungan asuransinya, maka semakin besar pula polisnya. Apalagi, usia Anda semakin bertambah, yang juga berarti risiko masalah kesehatan dan kematian juga ikut bertambah seiring dengan menuanya usia.

Sebenarnya, ada juga opsi asuransi jiwa berjangka tahunan yang bisa Anda perpanjang setiap tahunnya tanpa harus mendaftar ulang dari awal. Hanya saja, perlu Anda catat bahwa setiap kali Anda memperbarui kontrak polis asuransi, preminya juga ikut meningkat dibanding membeli polis asuransi berjangka konvensional.

Mana Durasi yang Pas untuk Anda?

Jika Anda adalah kepala keluarga dan menjadi satu-satunya yang bekerja, maka bisa memilih asuransi yang jangka waktu perlindungannya berlangsung sampai anak lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan. Pertimbangan lainnya pun bisa sampai cicilan jangka panjang Anda berakhir (misalnya KPR), mengingat cicilan jangka panjang ini cenderung jadi komponen besar dari pengeluaran bulanan secara keseluruhan.

Atau, Anda juga bisa memilih yang durasi asuransinya sampai Anda memasuki usia pensiun. Kenapa? Sebab asuransi jiwa — termasuk yang berjangka — bisa memberikan uang pertanggungan bagi keluarga yang ditinggalkan apabila Anda meninggal selama Anda masih dilindungi oleh asuransi. Kompensasi tersebut pun bisa digunakan anggota keluarga untuk kebutuhan hidup sehari-hari, melunasi cicilan, membangun usaha, biaya pemakaman, dan sebagainya.

Setelah mengetahui durasi yang ditawarkan asuransi jiwa berjangka, so, manakah yang akan Anda pilih untuk perlindungan diri dan keluarga?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *