13 Juli 2024
membuat video animasi

Animasi memiliki tujuan, yakni untuk menceritakan suatu kisah atau cerita melalui gambar bergerak. Agar animasi berhasil, audiens harus terpikat oleh cerita yang kamu sampaikan sebagai animator kepada mereka semua. Ini berarti, segala sesuatu dalam sebuah karya animasi harus dibuat dengan kualitas yang baik.

Mengapa demikian? Tujuannya agar tidak ada gangguan apapun yang membuat audiens kebingungan dan tidak mengerti jalan cerita yang dihadirkan. Kamu haruslah memperhatikan banyak hal dalam membuat sebuah karya atau video animasi yang tidak hanya menghasilkan gambar bergerak saja.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan dalam pembuatan video animasi. Apa saja, ya? Yuk langsung simak uraian lengkapnya di bawah ini!

  1. Jika ingin membuat sebuah karya animasi yang bagus, kamu perlu mencari beberapa referensi dan melakukan riset secara mendetail untuk pembangunan karakter yang ingin kamu berikan pada video animasi agar sesuai dengan audiensnya.
  2. Dalam membangun sebuah animasi bercerita, kamu sebagai animator harus memperhatikan dialog para karakter di cerita tersebut. Perhatikan juga musik latar yang digunakan agar tidak menutupi dialog si karakter.
  3. Berikan beberapa ruang hitam di setiap bagian video animasi buatanmu. Tujuannya, agar penonton atau audiens mengetahui bahwa mereka akan melihat sesuatu yang baru serta memberikan ruang berpikir pada audiens terhadap apa yang baru saja ditontonnya.
  4. Dalam hal pengeditan, kamu haruslah melakukannya dengan sangat hati-hati. Kamu perlu memperhatikan hal-hal detail seperti arah gerak yang tepat atau penempatan cahaya dalam animasinya.
  5. Perhatikan juga keseimbangan karakter dengan latar belakang yang kamu gunakan pada animasi. Atur posisi karakter animasi dan latar belakangnya hingga pas, barulah karakter kamu biarkan bergerak dan perhatikan dengan teliti agar tidak ada sudut aneh dan tidak cocok yang terlihat.
  6. Jangan lupa untuk melakukan pratinjau sesering mungkin agar karya atau video animasi bisa lebih baik dari segi kualitas gerak dan komposisinya.

Nah, itulah hal-hal yang harus kamu perhatikan dalam pembuatan video animasi agar menghasilkan suatu karya yang bagus dan diminati oleh masyarakat luas. Jika ingin karya kamu ditangani oleh yang lebih profesional, percayakan saja pada Videos.id.

Videos.id merupakan jasa yang melayani produksi video explainer profesional untuk individu hingga perusahaan di berbagai macam industri. Tim akan membantu kamu mulai dari proses pengonsepan, produksi, hingga ke bagian proses editing. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *