23 Juni 2024
manfaat belajar di pesantren

Toko kitab grosir – Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya sukses di masa depan. Tidak hanya sukses di hardware, tapi juga sukses di kehidupan sehari-hari. Jadilah anak yang berbakti, anak yang baik dan anak yang tidak mudah menyerah dalam menjalani kehidupan. Poin ini juga menjadi dasar bagi orang tua untuk memilih sekolah yang tepat bagi anaknya.Sekolah alternatif yang saat ini banyak diminati adalah pesantren. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat pondok pesantren yang baik untuk belajar.

Pesantren dikenal sebagai tempat pendidikan agama Islam, dimana santrinya disebut Santri, guru laki-laki Ustadz dan guru Ustadzah perempuan. Pesantren memiliki ciri khas tersendiri, ada yang salafi, modern atau pesantren khusus tahfidz al-qur an. Pesantren bukan hanya tempat untuk memperdalam teori dan praktik ilmu agama Islam.

Perhatikan bahwa pesantren juga memiliki ruang kelas dan gedung unit sekolah, seperti biasa. Selain ilmu agama Islam, siswa juga dapat belajar berbagai bahasa internasional, matematika, ilmu alam dan ilmu sosial. Hampir setiap pesantren di Indonesia memiliki asrama santri. Biasanya, setelah menambah kelas, siswa kembali ke rumah untuk menikmati hari libur. Ada juga pesantren yang menawarkan transportasi pulang pergi jika rumah wali cukup dekat dengan pesantren. Grosir Kitab Online – Fikar Store.

Siswa di kelas bisa mendapatkan pelajaran Al Quran, Hadits, Bahasa Arab Lengkap serta Nahwu dan Shorof, kemudian Fiqh, Ushul Fiqh, hingga tarikh (sejarah Islam). Sebagai bonus, siswa akan mendapat pelajaran tahsin reguler di pagi hari sebelum sekolah dimulai. Santri sebenarnya memiliki banyak waktu untuk merujuk ustadz atau ustadzah di lingkungan pesantren yang strategis dan kondusif. Pesantren menyediakan ruang yang nyaman untuk belajar ilmu agama islam, santri bisa langsung ke rumah ustadz, masjid, asrama atau kelas yang sedang dibuka, tentunya santri bebas bertanya seputar ilmu agama islam kecuali pada jam istirahat.

Pada umumnya di sekolah umum dapat dijumpai kegiatan ekstrakurikuler, musik dan olah raga pramuka. Berbeda dengan pesantren, program ekstrakurikuler yang tersedia lebih beragam. Misalnya di pesantren tempat penulis dulu tinggal, ada kegiatan ekstrakurikuler pramuka, hadrah, basket, futsal, sepak bola, voli, tenis meja, bulu tangkis, astronomi, fotografi, majalah, pencak silat, drama, perkusi dan Parkour. Grosir Kitab Online – Fikar Store.

Dengan ekstrakurikuler, waktu luang di luar kelas dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan yang lebih bermakna guna meningkatkan keterampilan yang dimiliki siswa. Sejumlah program ko-kurikuler nasional dan internasional yang kompetitif memungkinkan siswa bersaing secara sehat untuk kejuaraan.

Kegiatan ekstrakurikuler dikontrol dengan baik agar tidak mengganggu kegiatan utama siswa, disiplin waktu di lingkungan pesantren yang ketat memungkinkan siswa membagi waktunya untuk melakukan kegiatan belajar dan melakukan kegiatan non akademik. Pesantren lama sering menerima santri dari berbagai pelosok Indonesia. Ada juga mahasiswa dari luar Indonesia seperti Qatar, Malaysia, Thailand, Mesir, dan lain sebagainya, jumlah mahasiswa luar Indonesia cenderung lebih sedikit.

Setiap santri yang terdaftar di pondok pesantren akan mendapatkan informasi tentang konsulat daerah masing-masing. Apalagi ketika sudah memasuki masa kepulangan (libur semester), pesantren memiliki sarana untuk mengantarkan santri kembali ke tempat tinggalnya yang lama, sehingga orang tua tidak perlu jauh-jauh pergi ke pesantren untuk menjemput santri. Kunjungi kami di Toko kitab grosir online di alfikar.com

Tinggalkan Balasan