21 Juli 2024
Seputar Vaksin Cacar Air

Vaksin cacar air adalah salah satu vaksin yang sangat penting dalam pencegahan penyakit yang disebabkan oleh virus varisela-zoster, yang biasanya menyebabkan cacar air. Berikut adalah beberapa fakta menarik seputar vaksin cacar air yang mungkin belum sobat ketahui.

1. Melindungi dari Cacar Air

Vaksin cacar air digunakan untuk melindungi sobat dari penyakit cacar air, yang ditandai dengan ruam kulit merah dan berbintik-bintik yang sangat gatal. Penyakit ini umumnya lebih ringan pada anak-anak tetapi dapat menyebabkan komplikasi serius pada orang dewasa, termasuk pneumonia dan masalah neurologis.

2. Direkomendasikan untuk Anak-Anak

Vaksin cacar air biasanya diberikan kepada anak-anak pada usia 12-15 bulan sebagai bagian dari program imunisasi rutin. Dosis kedua biasanya diberikan antara usia 4-6 tahun. Vaksinasi ini membantu membangun kekebalan tubuh sobat terhadap virus varisela-zoster.

3. Efektivitas Tinggi dalam Mencegah Penyakit

Vaksin cacar air telah terbukti sangat efektif dalam mencegah penyakit cacar air. Studi menunjukkan bahwa vaksin ini dapat mencegah sekitar 98% kasus cacar air yang parah dan sekitar 75-85% kasus cacar air ringan.

4. Perlindungan Jangka Panjang

Meskipun beberapa orang yang divaksinasi masih bisa tertular cacar air, mereka cenderung mengalami gejala yang lebih ringan dan waktu penyembuhan yang lebih cepat. Vaksin cacar air juga memberikan perlindungan jangka panjang terhadap penyakit ini.

5. Tidak Mengandung Virus Hidup

Vaksin cacar air tidak mengandung virus varisela-zoster yang aktif. Sebaliknya, vaksin ini terbuat dari virus yang dilemahkan atau dimodifikasi secara genetik, sehingga tidak bisa menyebabkan penyakit cacar air pada individu yang divaksinasi.

6. Efek Samping yang Umum

Efek samping setelah vaksin cacar air umumnya ringan dan bersifat sementara. Beberapa efek samping yang mungkin termasuk kemerahan, bengkak, atau sedikit nyeri di tempat suntikan. Reaksi alergi serius terhadap vaksin ini sangat jarang terjadi.

7. Vaksinasi untuk Mencegah Wabah

Vaksinasi cacar air berperan penting dalam mencegah wabah penyakit, terutama di tempat-tempat dengan tingkat vaksinasi rendah. Dengan meningkatkan cakupan vaksinasi, risiko terjadinya wabah cacar air dapat dikurangi secara signifikan.

8. Peran dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

Program vaksinasi cacar air telah membantu mengurangi jumlah kasus dan komplikasi terkait cacar air di banyak negara. Ini mencerminkan pentingnya vaksinasi sebagai strategi kesehatan masyarakat untuk melindungi individu dan populasi secara keseluruhan.

Vaksin cacar air adalah salah satu pencapaian penting dalam dunia kedokteran untuk mencegah penyakit yang menyebabkan ketidaknyamanan dan komplikasi serius. Dengan menerima vaksinasi cacar air pada usia yang tepat, sobat membantu melindungi diri sendiri serta masyarakat dari risiko cacar air yang bisa dicegah.

Konsultasikan dengan dokter atau penyedia layanan kesehatan untuk informasi lebih lanjut tentang jadwal vaksinasi dan manfaat yang sobat dapatkan. Dengan vaksinasi yang tepat, sobat dapat menjalani kehidupan yang lebih sehat dan aman dari ancaman penyakit menular.

Yuk dapatkan informasi selengkapnya terkait penyakit, obat, suplemen, vaksin, vitamin dan seputar kefarmasian dengan mengunjungi laman pafikotaraha.org sebagai laman resmi organisasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI).