26 Mei 2024
Karakteristik yang Ada Pada Limbah B3

Limbah yang tergolong ke dalam B3 adalah limbah yang mengandung bahan berbahaya atau beracun menurut sifat dan konsentrasinya, baik secara langsung maupun tak langsung yang membahayakan kesehatan manusia atau mencemari lingkungan.

Oleh sebab itu, butuh seseorang yang telah mendapatkan pelatihan limbah b3 agar limbah bisa tertangani dengan tepat. Sebenarnya, limbah B3 sendiri mempunyai karakteristik yang membedakan dengan limbah lain pada umumnya. Berikut ulasannya untuk Anda.

Explosive

Sifat eksplosive berarti limbah bisa dengan mudah meledak pada suhu maupun tekanan normal atau selama reaksi sehingga gas yang terporoduksi cepat merusak lingkungan sekitarnya.

Oksidasi

Limbah B3 juga memiliki sifat oksidator yang artinya waktu pembakaran limbah lebih pendek atau sama dengan komposisi standar pada umumnya.

Mudah Terbakar

Limbah B3 mempunyai sifat flammable yang artinya limbah bisa terbakar dengan mudah apabila terkena udara, nyala api, dan bahan lain walaupun pada suhu maupun tekanan yang normal. Dalam hal ini, sifatnya masih terbagi menjadi 3 kategori, yakni amat sangat mudah terbakar, sangat mudah terbakar, dan mudah terbakar.

Mempunyai Racun

Limbah B3 bersifat beracun karena limbah ini mengandung racun yang berbahaya bagi manusia dan mampu memicu adanya kematian jika masuk dalam tubuh melalui sistem pernapasan, kulit, maupun mulut.

Karakteristik ini juga terbagi menjadi tiga kategori, yakni amang sangat beracun, sangat beracun, dan beracun.

Korosif

Karakteristik limbah B3 selanjutnya yakni bahan yang bisa mengiritasi kulit dan mengakibatkan karat pada pelat baja dengan laju korosif lebih dari 6,35 mm setiap tahun atau tingkat keasaman 2 atau kurang, sedangkan yang bersifat basa maka pH lebih besar dari 12,5.

Iritan

Limbah B3 juga mempunyai sifat riitan sehingga jenis limbah seperti ini bisa mengakibatkan penyakit radang, iritasi pernapasan, dan sensitisasi kulit apabila bersentuhan secara langsung dengan limbah dalam kurun waktu yang lama.

Tidak Ramah Lingkungan

Limbah B3 juga tidak ramah lingkungan sehingga kandungannya dapat merusak lingkungan dan ekosistem di seluruh alam. Misalnya, merusak lapisan ozon dan dampaknya tidak baik bagi lingkungan sekitar.

Dengan mengikuti pelatihan pengelolaan limbah B3, Anda bisa lebih memahami penanganan limbah B3. Pengelolaan yang tepat akan menurunkan efek buruk limbah B3 terhadap lingkungan maupun kesehatan.

Jika Anda tertarik untuk mengikutinya, Anda bisa langsung menghubungi Formasi Bisnis Indonesia.  Selain lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan, Anda yang mengikuti pelatihan ini bisa melakukan evaluasi pengelolaan yang sudah perusahaan Anda lakukan.

Tenang saja, pelatihan di Formasi Bisnis Indonesia sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, bahkan sertifikasinya diterbitkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Tunggu apalagi? Yuk, ikuti sertifikasi pengelolaan limbah B3 hanya di Formasi Bisnis Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi formasibisnis.com. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan