26 Mei 2024

Sebagian bisnis memerlukan transaksi secara langsung dengan menggunakan mesin kasir. Melalui mesin ini semua proses terkait transaksi akan berjalan dengan optimal karena mampu mengidentifikasi produk lebih cepat dan tepat.

Selain beraguna untuk mempermudah transaksi, mesin kasir juga mampu mencatat data konsumen yang berfungsi sebagai salah satu bahan untuk menentukan strategi marketing. Mesin kasir memang sangat mudah penggunaannya, namun untuk memilih mesin yang terbaik kamu tidak boleh sembarangan.

Berikut ini beberapa tips cerdik yang bisa kamu terapkan ketika akan membeli mesin kasir. Simak pembahasannya hingga tuntas, ya!

Memiliki Perangkat Keras yang Lengkap

Sebelum membeli mesin kasir, kamu perlu mengetahui apa saja perangkat lunak yang akan kamu dapatkan. Biasanya, mesin kasir meliputi printer, scanner, LCD, dan cash drawer. Tentunya, kelengkapan perangkat ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Apabila kamu memiliki usaha  ritel, maka kamu membutuhkan scanner untuk melakukan scan barcode produkmu. Dengan perangkat ini, proses transaksi dan invetaris bisnismu akan jauh lebih mudah.

Namun, jika kamu bergerak di bidang jasa, maka tidak akan ada barang yang membutuhkan scanner. Oleh sebab itu, kamu perlu menyesuaikan ketersediaan perangkat dengan kebutuhan bisnis.

Mempunyai After Sales yang Baik

Selain memberikan mesin kasir yang baik, penyedia mesin kasir juga perlu menyediakan pelayanan yang memuaskan. Pasalnya, hubungan antara kamu dengan perusahaan penyedia mesin kasir tidak hanya berhenti sampai di transaksi saja. Maka dari itu, perlu adanya after sales.

Misalnya, proses install software POS yang mereka berikan secara gratis dan adanya pelatihan untuk penggunaannya. Tidak hanya itu, bagaimana layanan customer service dalam menanggapi amsalah yang terjadi pada produk.

Tentunya, kamu pasti menginginkan pelayanan yang terbaik saat dalam keadaan yang krusial. Apalagi pendataan transaksi akan menjadi kacau jika mesin kasir bermasalah. Oleh sebab itu, semakin capat tanggap, maka semakin baik pelayanannya.

Mudah Kamu Gunakan

Kamudahan dalam mengoperasikan perangkat juga perlu kamu perhatikan sebelum membeli mesin kasir. Hal ini karena ada beberapa perangkat yang cukup sulit cara menggunakannya.

Hal ini menjadi sangat penting karena bukan hanya kamu saja yang akan mengoperasikan mesin kasir tersebut. Mesin kasir yang mudah dalam pengoperasiannya akan mempercepat kinerja karyawan.

Menyediakan POS

POS atau Point of Sales merupakan bagian penting dalam software yang sebaiknya tersedia juga dalam satu paket dengan perangkat keras. POS ini memiliki fungsi untuk membantu pencatatan semua transaksi dengan jelas dan mudah.

Software yang terinstal pada perangkat keras kasir harus mudah untuk digunakan. Sebaiknya, penjual perlu menyediakan pelatihan perihal cara penggunaan dari POS ini hingga bisa mengoperasikannya secara  mandiri.

Terdapat beberapa penyedia mesin kasir yang menawarkan program POS Saja. Tentunya, layanan ini menjadi solusi terbaik apabila kamu sudah memiliki perangkat keras seperti tablet dan printer. Dengan cara ini kamu akan menjadi lebih hemat biaya.

Pemilihan mesin kasir memang harus kamu lakukan dengan serius dan hati-hati agar perangkat berfungsi sesuai kebutuhan bisnis.

Moka kini menawarkan perangkat keras kasir dengan harga yang beragam dan menyesuaikan dengan kebutuhan bisnismu. Moka juga menawarkan berbagai fungsi yang bermanfaat secara optimal untuk pengelolaan bisnis.

Tidak perlu ragu, mesin kasir dari MOKA memberikan kemudahan dalam pengoperasian bisnis karena telah terintergrasi dengan MOKA POS, mobile printer, dan tablet.

Tunggu apalagi? Yuk, menghemat waktu, energi, dan biaya bisnis dengan produk terbaik dari MOKA. Silakan cek detail produknya hanya di www.mokapos.com. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan