20 Juli 2024
tanda bisnis butuh integrasi ERP

source: logosoft.com.tr

Kini, tidak hanya pada perusahaan berskala multinasional, penerapan sistem ERP juga bisa terjadi pada UMKM. ERP sendiri sangat cocok untuk perusahaan yang sedang berkembangan untuk mengikuti tren pasar secara global.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi tanda bahwa bisnis Anda sudah membutuhkan sistem ERP untuk lebih berkembang. Penasaran apa saja tandanya? Mari simak pembahasannya berikut ini!

Karyawan Terbebani dengan Pekerjaan Manual

Jika Anda ingin mengotomatisasi proses bisnis dan alur kerjanya, Anda perlu melakukan penyederhanaan perencanaan sumber daya. Misalnya, Anda ingin membuatkan keranjang belanja di e-commerce untuk calon pelanggan produk Anda.

Hal ini akan membuat Customer Relationship Management atau CRM menjadi terintegrasi dengan sistem ERP. Data pelanggan akan secara otomatis terkirim ke sistem. Karyawan bisa melakukan evaluasi terkait prospek, perkiraan perilaku konsumen, dan pertimbangan data ketika membuat rencana penawaran-permintaan.

Anda bisa memanfaatkan fitur analitis dan pelaporan pada software ERP untuk mengetahui prospek bisnis. Hal ini pastinya bisa membantu Anda menarik pelanggan lebih luas lagi.

Kelalain Sering Terjadi dalam Bisnis Anda

Biasanya, bisnis retail tidak lepas dari kesalahan atau kelalaian karena proses input data yang masih manual. Apabila Anda menghadapi masalah yang sama, Anda perlu mengintegrasikan bisnis dengan sistem ERP.

Ketika manusia bekerja dengan banyak data yang sama, pastinya sangat sulit untuk menghindari kesalahan. Misalnya, karyawan salah memasukan identitas pelanggan ke dalam sistem. Dengan adanya sistem berbasis ERP, Anda dapat menekan kesalahan tersebut karena semua data terhubung secara otomatis.

Kurang Efisiennya Proses Kerja Sama Antar Departemen

Tidak bisa Anda pungkiri bahwa setiap departemen harus saling terhubung. Departemen tidak akan dapat bekerja dengan baik jika beroperasi secara terpisah. Pada saat yang bersamaan, tim pada setiap divisi tidak mempunyai sistem yang bisa menyatukan pekerjaan dalam satu tujuan bersama.

Dengan adanya sistem ERP yang terintegrasi, bisnis Anda bisa mencapai konsistensi data hingga 100 persen untuk semua divisi. Dengan begitu, setiap divisi mampu saling bertukar informasi secara akurat.

Hadirnya sistem ERP membuat produk SAP menjadi lebih hemat biaya dan dirawat. Salah satu produk SAP untuk mempermudah operasional bisnis adalah SAP Business One.

Sistem SAP Business One akan memudahkan Anda dalam membuat laporan. Semua data bisa Anda akses dalam satu aplikasi saja. Terkenal dengan aplikasi program terintegrasi dan multi modul, SAP ini biasanya berguna sebagai aplikasi dasar untuk semua perusahaan.

SAP Business One memanfaatkan sistem terintegrasi untuk mencerdaskan perusahaan dalam pengelolaan data setiap divisi. Yuk, intip harga SAP Business One dan segera integrasikan pada perusahaan Anda. Yuk, wujudkan smart company bersama SAP Business One berbasis sistem ERP!