20 Juli 2024
3 fungsi kalender

source: percetakanku.co.id

Mengetahui hari dan tanggal menjadi hal yang sangat penting dan dasar dalam kehidupan manusia. Biasanya, manusia menggunakan sistem penanggalan untuk mengidentifikasi hari, tanggal, dan juga waktu-waktu lainnya. Penanggalan ini kemudian ditulis dalam bentuk kalender.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kalender adalah daftar hari dan bulan dalam satu tahun. Kalender juga berfungsi sebagai penunjuk tanggal dan hari-hari penting. Misalnya, penunjuk tanggal merah yang menandakan hari libur selain hari Minggu.

Berikut ini adalah beberapa fungsi kalender yang perlu Anda ketahui. Apa saja, ya? Yuk langsung disimak!

Sebagai Penanda Waktu

Kalender memiliki peran utama sebagai alat penanda waktu. Ini menjadi sarana untuk menandai tanggal berbagai kegiatan.

Biasanya, pemilik kalender akan menandai kegiatan mereka dengan mengelilingi atau menggunakan simbol khusus pada tanggal yang telah ditetapkan.

Dengan melihat kalender yang telah diisi dengan agenda, kita dapat mengetahui rencana kegiatan yang harus dilakukan dan menghindari penjadwalan yang tumpang tindih.

Sebagai Media Promosi

Kalender tidak hanya berfungsi sebagai alat penanda waktu, tetapi juga dapat digunakan sebagai peluang promosi untuk bisnis.

Mungkin Anda pernah melihat kalender yang menggambarkan produk atau layanan bisnis tertentu.

Desain kalender tersebut sering mencantumkan nama perusahaan atau produk di dalamnya. Tujuannya adalah agar pemilik kalender dapat mengenali produk atau layanan yang ditawarkan.

Sebagai Dekorasi

Kalender hadir dalam berbagai bentuk, termasuk yang dapat dipasang di dinding dan yang dapat diletakkan di meja kerja atau meja belajar.

Menempatkan kalender di meja dapat memberikan kesan bahwa penggunanya memiliki kedisiplinan waktu.

Selain itu, kalender juga dapat berfungsi sebagai dekorasi yang mempercantik tampilan meja, selain menjadi pengingat untuk agenda yang telah ditandai sebelumnya.

Itulah beberapa fungsi kalender yang patut Anda ketahui. Kebanyakan kalender memang berbentuk cetak, seperti kalender dinding, kalender meja, kalender sobek dan lain-lain. Namun, seiring teknologi yang berkembang, kini Anda bisa membawa kalender ke mana-mana.

Sudah banyak aplikasi kalender online yang bisa Anda unduh dan pasang di smartphone. Salah satunya aplikasi Kalender Indonesia Lengkap buatan Media Nusa Aplikasi. Daftar tanggal dan tanggal merah libur nasional 2023 – 2024 sudah sesuai SKB 3 Menteri.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur agenda harian, di mana Anda bisa menambahkan beberapa jadwal atau kegiatan pada tanggal tertentu. Anda bisa menyertakan jam kegiatan yang akan menjadi alarm agar tidak terlupa.

Ada pula kata-kata motivasi harian yang bisa menjadi penyemangat menghadapi hari. Kalender Indonesia Lengkap ini dibuat sangat mirip seperti kalender dinding di rumah Anda. Jadi, sangat mudah digunakan dan tampilannya yang menarik tidak akan membuat bosan.

Tertulis juga tanggal dan bulan Hijriyah yang bisa menjadi pengingat Anda yang beragama Islam dalam melakukan ibadah-ibadah wajib mau pun sunnah di bulan-bulan tertentu.

Tunggu apa lagi? Segera download aplikasi Kalender Indonesia Lengkap di Play Store dan rasakan manfaatnya!