19 Juli 2024
Cara Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan Rumah

Apa jadinya jika Anda memiliki rumah yang nyaman dan indah, tetapi lingkungan rumah justru tidak bersih dan sehat? Tempat tinggal yang baik tak melulu soal bangunan saja, melainkan juga lingkungan di sekitarnya.

Anda perlu memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan rumah jika tidak ingin mengalami berbagai masalah kesehatan. Beberapa penyakit berbahaya, seperti Demam Berdarah Dengue disebabkan oleh faktor lingkungan yang kurang bersih dan sehat. Agar hunian Anda bisa memberikan kenyamanan sepenuhnya, Anda wajib melakukan hal-hal berikut untuk menjaga kebersihan dan kesehatan di sekitar rumah.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Cara Menata Ruang Tamu yang Mengesankan

Membersihkan Kamar Mandi secara Rutin

Langkah paling sederhana yang tidak boleh Anda lewatkan untuk mendapatkan hunian yang bersih dan sehat adalah dengan membersihkan kamar mandi secara teratur. Beberapa penyakit sering dikaitkan dengan kamar mandi yang kotor. Saat Anda merasa kamar mandi mulai licin dan kotor, Anda sebaiknya tak menunda lagi untuk membersihkan kamar mandi Anda. Anda mungkin bisa menjadwal rutinitas bersih-bersih kamar mandi tiap bulan.

Mewujudkan Jamban Sehat

Jamban sehat akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan rumah Anda dan bahkan masyarakat di sekeliling Anda. Jamban sehat bisa terwujud hanya dengan memastikan bahwa jarak septic tank dan sumber air minum lebih dari 10 meter.

Mewujudkan Sumur Bersih

Anda juga perlu memastikan bahwa sumur atau sumber air Anda bebas dari kontaminasi bakteri yang bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti diare. Jika diare terjadi berulang-ulang pada anak, anak bisa mengalami masalah tumbuh-kembang.

Membuang Sampah pada Tempatnya

Jangan lupa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Akan jauh lebih baik jika Anda bisa memilah dan mengolah sampah sendiri pula. Paling tidak, Anda perlu meletakkan tempat sampah di beberapa titik di lingkungan rumah Anda agar lebih mudah membuang sampah pada tempatnya.

Membersihkan Selokan

Selokan yang kotor akan menghambat fungsi utamanya untuk mengalirkan air hujan. Selokan yang terlanjur mampet akan membuat lebih banyak sampah menumpuk. Selokan yang berisi sampah menjadi salah satu penyebab utama banjir. Banjir akan mencemari sumber air dengan bakteri dan virus yang bisa membahayakan kesehatan Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

Temukan rumah di Cibubur dengan lingkungan yang sehat hanya di https://asanaresidence.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *