19 Juli 2024
camilan ringan untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak

Blog Mas Endi – Nutrisi memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga daya tahan tubuh anak. Selain mendukung kecerdasan anak dalam belajar, pemberian nutrisi yang tepat juga dapat membantu memperkuat imunitas tubuh si kecil dalam melawan infeksi penyakit.

Tidak hanya memenuhi kebutuhan makanan utama si kecil, Bunda juga bisa mulai berkreasi dengan makanan ringan atau camilan yang lezat dan dapat meningkatkan imunitas anak. Makanan yang bervariasi membuat anak tidak mudah bosan dengan santapannya.

Menurut Dokter spesialis anak di Blitar, Bunda bisa memberikan camilan kepada si kecil selama 1 – 2 kali sehari. Akan tetapi, Bunda harus tetap memperhatikan jadwal makannya sebelum memberikan camilan. Ini bertujuan agar tidak mempengaruhi nafsu makan anak ketika waktu makan tiba.

Berikut ini beberapa rekomendasi camilan ringan untuk anak yang juga bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh. Simak baik-baik, ya!

Ubi Panggang dengan Ghee (Mentega Murni)

Camilan peningkat daya tahan tubuh anak ini terbuat dari ubi panggang dengan ghee atau mentega murni. Bunda cukup mengiris ubi jalar menjadi potongan-potongan kecil, kemudian olesi dengan ghee tersebut dan panggang di oven hingga matang.

Mentega murni merupakan sumber lemak yang mempunyai efek anti-inflamasi, sedangkan ubi jalar mengandung serat yang dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh si kecil.

Pisang dengan Mentega Almon

Perpaduan pisang dan mentega almon merupakan camilan prebiotik yang lezat dan dijamin si kecil akan menyukainya. Potong buah pisang lalu oleskan dengan satu sendok mentega almon di atasnya. Bunda bisa menambahkan sedikit parutan jahe atau bubuk jahe sebagai tambahan nutrisi anti-inflamasi.

Smoothie Yoghurt

Yoghurt kaya akan protein, kalsium, serta rendah lemak yang mengandung banyak bakteri baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem pencernaan tubuh anak.

Agar yoghurt rendah lemak tidak terasa hambar, Bunda bisa menambahkan buah segar dan madu lalu campurkan hingga menjadi smoothie buah yang nikmat. Bekukan smoothie dan sajikan dalam bentuk es loli, sehingga anak lebih tertarik untuk menyantapnya.

Trail Mix

Rekomendasi terakhir dari dokter anak di Blitar adalah Trail Mix, yakni camilan padat energi yang terdiri dari kacang-kacangan, buah kering tanpa gula dan juga sereal rendah gula.

Bunda juga bisa mencampurkan pretzel gandum atau granola rendah lemak ke dalam trail mix favorit si kecil. Camilan ringan peningkat daya tahan tubuh anak ini sangat mudah dibuat. Selain itu praktis untuk menjadi bekal anak di sekolah atau saat berada di perjalanan jauh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *