20 Juli 2024
situs donasi

Kegiatan penggalangan dana atau donasi merupakan salah satu langkah untuk membantu kesejahteraan masyarakat luas, tak terkecuali untuk anak-anak yang membutuhkan. Dalam hal ini, United Nations Children’s Fund (UNICEF) atau Dana Anak Perserikatan Bangsa-bangsa menjadi organisasi yang tepat bagi Anda yang ingin menyelenggarakan kegiatan donasi.

Di Indonesia, UNICEF telah beroperasi sejak 1948. Program pertama yang mereka laksanakan adalah pemberian bantuan darurat sebagai tindakan pencegahan kelaparan di Lombok. Lalu, seperti apa UNICEF Indonesia mengatur penggalangan dana di Indonesia?

Tata cara berdonasi ke UNICEF

Berbagai program diadakan UNICEF untuk membantu kelangsungan hidup dan kesehatan anak. Cakupannya mencapai gizi, pendidikan, air, sanitasi, hingga kebijakan sosial. Selain itu, organisasi ini mendukung pemerintah Indonesia untuk mengembangkan potensi anak-anak di Tanah Air agar mereka dapat menggapai cita-citanya.

Penggalangan dana pun dibuka untuk memudahkan siapa pun yang bersedia memberikan bantuan. Oleh karena itu, UNICEF membuka situs donasi supaya Anda dapat mengirimkan dana secara online dalam jumlah yang ditentukan.

Dalam situs tersebut, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan berdonasi: donasi satu kali atau bulanan. Pada donasi satu kali, Anda dapat menyumbangkan dana hingga Rp5.000.000 atau bahkan lebih. Sementara pada opsi bulanan, Anda akan disebut sebagai Pendekar Anak dengan memberikan dana teratur dari Rp200.000.

Alokasi dana donasi lewat UNICEF

UNICEF pun transparan dalam menyampaikan dana alokasi dari penggalangan yang mereka buka. Pada 2019, dari setiap Rp100.000 yang masyarakat donasikan, dana disalurkan ke beberapa tujuan dengan rincian berikut:

  • Sekitar Rp72.000 untuk program anak;
  • Hanya Rp5.000 yang digunakan untuk kegiatan operasional UNICEF Indonesia seperti kebutuhan tenaga kerja dan kegiatan administrasi;
  • Sementara sekitar Rp23.000 diinvestasikan untuk penggalangan dana.

Bagaimana kalau Anda tertarik mengadakan penggalangan dana atas nama UNICEF? UNICEF menyarankan Anda untuk mengajukan permohonannya ke Tim Kemitraan UNICEF. Tujuannya agar Anda mengetahui aturan pemakaian logo UNICEF dan prosedur lain, sehingga donasi nanti sampai ke pihak-pihak yang membutuhkan tanpa menimbulkan risiko kesalahpahaman.

Selamat berdonasi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *