20 Juli 2024
ip pbx

IP PBX atau singkatan dari Internet Protocol Private Branch Exchange merupakan PABX yang menggunakan teknologi IP. IP PBX ini adalah perangkat switching komunikasi telepon dan data berbasis teknologi IP (Internet Protocol) yang mengendalikan ekstension telepon analog (TDM) ataupun ekstension IP Phone.

Sebelum berinvestasi dalam sistem telepon baru, setiap pemilik bisnis SMB memiliki pertimbangan utama, yakni apakah investasi tersebut dapat meningkatkan profitabilitas, meningkatkan produktivitas atau mengurangi biaya operasional.

Aset yang mereka investasikan perlu memberikan timbal balik positif terhadap investasi tersebut, yang memungkinkan orang-orang untuk menjadi lebih efisien dan produktif. Berikut beberapa tips memilih IP PBX untuk bisnis Anda. Simak baik-baik, ya!

Mudah Menggunakan Komunikasi Real Time

Fungsi-fungsi sederhana seperti email pada aplikasi plug-in membuat UKM mendapatkan keuntungan yang besar. Sebab, hal ini memungkinkan pengguna mengakses kontak tanpa membuka aplikasi terpisah serta dapat melakukan panggilan, IM, SMS dalam satu klik langsung dari aplikasi email mereka.

Cara tersebut efektif untuk meningkatkan produktivitas serta menurunkan biaya. Bisa dibilang harga PABX sangat sesuai dengan kemampuan mengintegrasikan dengan penyedia panggilan internet pihak ketiga.

Proteksi Investasi

Mengurangi biaya operasional dengan merencanakan penggantian sistem yang ditargetkan untuk UKM dapat menawarkan nilai bisnis tinggi, kompleksitas rendah dan harga yang menarik. Anda dapat membayar biaya operasi jauh lebih sedikit namun mendapatkan peningkatan produktivitas yang kuat.

Pastikan Anda sudah memilih sistem telepon kantor yang mudah digunakan dan tingkatkan skalanya jika nanti sudah dibutuhkan. Hal ini akan menjamin biaya operasional jauh lebih rendah dalam jangka panjang.

Mobilitas Karyawan Jarak Jauh Menggunakan Byod

UKM mempunyai tantangan untuk menyeimbangkan risiko keterbukaan pada mobilitas, sekaligus mendapatkan keuntungan dari BYOD atau Bring Your Own Devices. Selain itu, ada kemampuan yang dapat meningkatkan produktivitas adalah memampukan pengguna untuk tetap berhubungan dengan perusahaan di mana saja.

Caranya dengan menggunakan web browser yang kompatibel dengan smartphone, tablet, komputer, dan sebagainya setiap kali mereka mendapatkan koneksi internet. Hal ini memungkinkan pengguna untuk tetap bisa mengakses log panggilan di mana saja serta untuk meneruskan ekstensi mereka ke telepon selular karyawan saat mereka berada di luar kantor.

Kesiapan Jaringan

UKM perlu mengimplementasikan dan meningkatkan produktivitas layanan TI dengan mengurangi biaya. Mereka menghadapi komplektisitas antara keamanan jaringan, mobilitas, kualitas pelayanan serta kelas layanan untuk aplikasi lokal atau cloud yang berjalan pada jaringan data UKM mereka.

Jika Anda sebagai pemilik UKM dan menggunakan VoIP, BYOD atau aplikasi real time, maka sangat penting untuk meninjau status jaringan data Anda. UKM harus menemukan keseimbangan yang tepat antara biaya, keuntungan, dan keamanan dalam membuka jaringan.

Teknologi Saja Tidak Akan Dapat Memecahkan Segudang Masalah

Bukan bergantung pada teknologi yang Anda punya, melainkan bagaimana cara Anda menggunakannya. Meski PABX murah sekalipun, yang terpenting adalah untuk menyelaraskan sistem manajemen pengetahuan dengan bagaimana karyawan benar-benar bekerja dengan memanfaatkan teknologi tersebut.

Teknologi memang memberikan peluang, tetapi sangat penting pula untuk mengetahui apakah teknologi dan sistem sosial dapat berjalan beriringan dalam hal berbisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *