19 Juli 2024
Sistem Payment yang Ada di Indonesia

Apakah Anda baru menyadari bahwa di Indonesia ada banyak sekali sistem payment yang populer dan memang digunakan oleh masyarakat? Secara sederhana payment adalah pembayaran di mana di dalamnya terjadi proses, cara hingga perbuatan membayar.

Pembayaran dilakukan oleh setiap orang di kehidupan sehari-hari untuk  transaksi ataupun kegiatan ekonomi hingga transaksi bisnis. Pembayaran mulai muncul bersamaan dengan lahirnya konsep uang, yang menjadi media pertukaran baik transaksi barang maupun jasa.

Berbagai Sistem Payment

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali pilihan payment, apalagi didukung dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat. Semakin banyak pilihan payment, tentu saja semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi. Berikut beberapa pilihan sistem pembayaran yang populer di Indonesia.

Pembayaran Tunai

Disebut juga dengan cash payment, di mana metode pembayaran ini adalah sistem pembayaran konvensional yang memang sudah dipakai sejak tahun 1946, dimana saat uang diperkenalkan. Sistem pembayaran tunai, sampai saat ini masih banyak digunakan oleh masyarakat untuk transaksi nilai kecil sampai besar.

Sistem pembayaran tunai punya jangkauan yang luas dan akses yang mudah.

Pembayaran Non Tunai

Berbeda dengan pembayaran tunai yang hanya memiliki satu pilihan pembayaran yaitu dengan uang, non tunai memiliki banyak pilihan metode pembayaran. Adapun sistem cashless payment adalah metode pembayaran tanpa menggunakan dana tunai, di mana seluruh prosesnya dilakukan secara digital. Berikut ini beberapa pilihan pembayaran cashless.

  • Kartu debit dan kredit : kartu debit dan kredit adalah pilihan pembayaran non tunai yang paling awal digunakan oleh masyarakat. Selain itu, debit dan kredit biasanya diterbitkan oleh pihak bank. Kartu debit digunakan untuk menarik uang tabungan di bank. Sementara untuk kartu kredit digunakan untuk membeli barang atau kebutuhan lain tanpa harus menguras saldo namun nantinya Anda akan dibebankan tagihan. Karena sistem kredit adalah pinjaman hutang yang harus dibayar di kemudian hari.
  • Virtual Account : jenis sistem pembayaran ini merupakan pembayaran dengan virtual akun. Karena akunnya virtual, maka rekening tidak dipegang oleh siapapun. Biasanya virtual akun ini banyak digunakan untuk transaksi pembelian barang secara online. Sistemnya adalah terdapat ID pelanggan khusus yang dikeluarkan Bank untuk melakukan pembayaran tanpa konfirmasi.
  • Dompet digital : sistem pembayaran satu ini di zaman sekarang adalah pilihan pembayaran yang praktis. Dimana memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi pembayaran lewat smartphone. Ada cukup banyak dompet digital yang terkenal di Indonesia mulai dari GoPay, ShopeePay, Dana, OVO, LinkAja dan masih banyak lagi.

Sekarang tentu Anda sudah tahu arti payment dan juga memahaminya serta mengerti juga bahwa ada banyak jenis pembayaran yang populer di Indonesia. Bagi pemilik usaha, pastinya membutuhkan sistem pembayaran yang punya banyak pilihan metode pembayaran yang memudahkan para pelanggan.

Anda bisa memilih pembayaran dengan GoBiz yang merupakan aplikasi kasir. Aplikasi GoBiz memungkinkan Anda untuk melakukan pencatatan pesanan dan transaksi lebih mudah. Pilihan sistem pembayarannya juga banyak dengan berbagai fitur lengkap untuk mengembangkan usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *