20 Juli 2024
pengertian dan jenis-jenis asuransi jiwa seumur hidup

39943691 - family future investment or financial planning concept. asian multi generations lifestyle at home.

Secara umum, asuransi merupakan salah satu cara untuk mengurangi kerugian atas kondisi tertentu. Produk asuransi ada berbagai macam, mulai dari asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi mobil dan sebagainya. Kali ini, artikel ini akan mengulas tentang asuransi jiwa whole life atau seumur hidup.

Asuransi whole life adalah produk asuransi yang memberikan uang santunan kepada ahli waris apabila pemegang polis atau pihak tertanggung telah meninggal dunia. Biasanya, pertanggungan tersebut diberikan dalam jangka waktu yang panjang atau bisa dibilang seumur hidup tertanggung.

Karakteristik asuransi satu ini ialah dalam polis asuransinya, pihak tertanggung akan terlindungi hingga seumur hidup. Asuransi ini juga jenis asuransi yang fleksibel jika dikombinasikan dengan asuransi kesehatan atau kecelakaan, serta mempunyai manfaat nilai tunai.

Terdapat dua jenis asuransi jiwa seumur hidup yang perlu diketahui, antara lain:

Polis Jiwa Langsung (Straight Life Policy)

Jenis asuransi ini adalah yang mengharuskan tertanggung membayar premi hingga meninggal dunia atau mencapai usia 99 tahun. Sehingga, nilai tunai yang sudah terkumpul bisa setara dengan uang pertanggungan dasar ketika tertanggung mencapai usia 99 tahun.

Namun, jika tertanggung masih hidup hingga 99 tahun, maka proteksi asuransi berakhir dan manfaat nilai tunai yang terkumpul tetap bisa dicairkan.

Polis Limited Payment Whole Life Insurance

Berbeda dengan sebelumnya, jenis polis asuransi jiwa seumur hidup ini tidak perlu membayar premi seumur hidup. Premi hanya perlu pihak tertanggung bayar sesuai waktu tertentu saja, misalnya 60 tahun. Meski begitu, tertanggung tetap memperoleh proteksi seumur hidup.

Produk asuransi jiwa seumur hidup cocok sekali untuk orang yang memiliki tujuan finansial jangka panjang. Pasalnya, jika ingin mendaftar produk ini, butuh komitmen jangka panjang untuk membayar premi yang telah disepakati kedua belah pihak.

Akan tetapi, kita juga akan mendapatkan keamanan finansial hingga usia senja nantinya. Apabila memang ingin kehidupan keluarga tercinta tetap terjamin meski Ayah atau anggota keluarga yang bertanggung jawab sebaga pencari nafkah meninggal, produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Kita bisa mendaftarkan polis asuransi jiwa sesuai kebutuhan di PFI Mega Life. Mereka menyediakan rangkaian lengkap produk asuransi jiwa untuk melayani nasabah dengan jangkauan luas, mulai dari korporasi besar hingga individu.

Masih ragu untuk daftar? Ingat ya, asuransi adalah suatu hal yang kita butuhkan untuk mengurangi risiko atau peristiwa tidak terduga yang kemungkinan terjadi di masa depan. Kunjungi pfimegalife.co.id untuk informasi lebih lengkap. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *