Total Station: Alat Ukur Survei dengan Hasil Detail dan Akurat

total station topcon

Total station merupakan alat ukur survei yang berguna untuk mengukur jarak, arah, sudut, menentukan koordinat maupun ketinggian secara elektronik. Harga total station sendiri sebanding dengan manfaatnya yang luar biasa di dalam sebuah proyek.

Alat hasil yang satu ini terlengkapi dengan komputer yang bertujuan untuk memproses data dan reflektor sebagai target maupun pengganti sumbu ukur. Selain itu, total station juga memiliki sebuah prosesor.

Kehadiran prosesor ini memungkinkan total station bisa menghitung perbedaan ketinggian, koordinat, dan jarak datar dengan lebih cepat tanpa perlu memakai alat hitung seperti kalkulator.

Ketika menggunakan alat ukur survei yang satu ini, Anda akan mendapatkan banyak data yang tersimpan dalam media perekam. Media tersebut terbagi menjadi dua, yakni media eksternal atau card dan media internal atau on-board.

Data yang sudah Anda dapatkan ini bisa Anda kirim atau bagikan ke komputer untuk selanjutnya diproses menjadi peta dengan memanfaatkan aplikasi program mapping.

Lalu, apa saja hal penting yang perlu Anda ketahui mengenai total station sebelum menggunakannya? Yuk, simak pembahasannya hingga akhir agar Anda tidak ketinggalan informasi pentingnya!

Syarat Total Station Layak Pakai

Supaya Anda bisa memanfaatkan total station secara optimal, Anda perlu memeriksa dan memenuhi beberapa syarat. Hal ini harus Anda lakukan agar pengukuran yang Anda lakukan menghasilkan data yang akurat. Syarat total station layak pakai sebagai berikut.

  1. Posisi sumbu pertama harus tegak lurus atau dalam keadaan vertikal.
  2. Posisi sumbu kedua harus mendatar atau dalam keadaan horizontal.
  3. Posisi sumbu kedua harus saling tegak lurus dengan posisi sumbu yang pertama.
  4. Periksa kembali ketelitian bacaan antara jarak horizontal maupun jarak vertikal.
  5. Periksa kembali ketelitian bacaan pada bagian sudut horizontal.
  6. Perkirakan kemampuan perangkat lunak yang bertugas untuk menghitung hasil koordinat.
  7. Perkirakan kemampuan perangkat lunak yang berfungsi untuk menghitung hasil perbedaan pada ketinggian.

Beragam Komponen Total Station

Setelah memastikan bahwa total station sudah memenuhi syarat penggunaannya. Langkah berikutnya adalah memeriksa semua bagian alat ukur yang ada pada alat ukur survei tersebut. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa semua komponennya berfungsi secara optimal.

Apabila semua persyaratan sudah terpenuhi, maka total station dalam keadaan prima. Dengan begitu, Anda bisa melakukan pekerjaan dengan nyaman dan mampu memperoleh data secara akurat. Berikut ini daftar nama bagian pada total station yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakannya.

  1. Seluruh klem dan sekrup yang berguna sebagai pengaturan sehingga harus berfungsi dengan benar.
  2. Nivo, baik tabung maupun kota juga harus berfungsi dengan baik.
  3. Display harus berfungsi supaya data yang muncul bisa terbaca secara jelas.
  4. Lensa teropong harus jernih, cerah, dan dalam keadaan sangat baik.

Keunggulan dari Total Station

Total station menjadi alat yang berguna untuk mengukur sudut dan jarak pada kegiatan survei. Banyak orang memilih total station ini karena beberapa keunggulannya, seperti berikut.

  1. Mampu mengembangkan pembacaan dari semua data pengukuran secara digital dengan menggunakan sistem prisma maupun laser.
  2. Semua data yang total station terima akan tersimpan dalam media eksternal sehingga bisa langsung terintegrasi ke dalam program CAD.
  3. Hasil yang total station berikan sangat akurat walaupun survei terjadi pada tempat-tempat yang cukup berbahaya.
  4. Alat ukur survei ini lebih efisien, lebih ekonomis, dan lebih hemat waktu karena pekerjaan terjadi secara otomatis.
  5. Mampu menekan kesalahan ketika proses pengambilan data.
  6. Keakuratan data yang berhasil diberikan bisa dipertanggungjawabkan.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai survei total station. Semoga apa yang tersampaikan bisa memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan bagi Anda.

Apabila Anda membutuhkan Total Station yang berkualitas, Anda bisa langsung menghubungi Master Alat Survey. Toko online yang satu ini menyediakan alat ukur konstruksi dan alat survei terpercaya dengan jaminan garansi.

Tersedia total station berkualitas dengan beragam merek. Mulai dari total station topcon, Nikon, Sokkia, Minds, Horizon, dan lain sebagainya yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemesanan, silahkan kunjungi masteralatsurvey.com. Semoga bermanfaat!

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *