Manfaat Menggunakan Tangga dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Menggunakan Tangga

Kehidupan modern yang serba ada dan serba cepat ini seringkali membuat orang menjadi lebih malas. Padahal, hal yang ditinggalkan itu lebih menyehatkan. Seperti penggunaan tangga dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya, rumah dengan tangga rumah minimalis lebih memberikan banyak manfaat baik dari segi kesehatan maupun dari segi ruang dan bangunan, mulai dari aktivitas fisik lebih terjaga hingga rumah menjadi lebih lapang.

Menurunkan Berat Badan

Seringkali orang berlomba-lomba untuk diet. Nah, penggunakan tangga dalam aktivitas sehari-hari dapat menunjang keberhasilan diet! Hal tersebut karena penggunaan tangga dapat meningkatkan pembakaran lemak, membakar banyak kalori, dan meningkatkan metabolisme tubuh. Tubuh menjadi lebih fit dan berstamina, serta cadangan lemak tubuh pun akan berkurang yang membuat kadar kolesterol lebih terjaga dan berat badan tetap terjaga.

Menjaga Kesehatan Fisik

Tubuh memiliki banyak organ yang harus dijaga kesehatannya agar tetap optimal dalam bekerja. Penggunaan tanggas secara rutin ternyata sangat bermanfaat bagi banyak organ! Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan olahraga minimal setiap orang, yaitu 150 menit dalam seminggu atau sekitar 30 menit sehari. Naik dan turun tangga termasuk ke dalam latihan kardio yang bermanfaat tidak hanya untuk jantung, tetapi juga otak, paru-paru, organ pencernaan, tulang dan otot, hingga mengendalikan kadar gula darah.

Kebiasaan menggunakan tangga dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat penuaan otak menjadi lebih lama dibandingkan dengan orang yang jarang menggunakan tangga, sehingga terhindar dari kepikunan dan memiliki konsentrasi yang lebih baik. Fungsi jantung dan paru-paru akan meningkat saat orang menggunakan tangga, sehingga darah dan oksigen yang mengalir ke seluruh tubuh menjadi lancar yang membuat orang jadi terhindar dari penyakit jantung. Tidak hanya itu, penggunaan tangga yang rutin juga menurunkan risiko stroke.

Naik dan turun tangga tentunya menggunakan tulang dan otot di seluruh tubuh, sehingga manfaatnya juga akan dirasakan oleh seluruh tubuh, tulang dan otot menjadi lebih kuat dan sehat, mencegah pengeroposan tulang, dan membuat tubuh menjadi lebih bugar. Organ pencernaan juga dapat bekerja lebih optimal, usus lebih aktif mencerna makanan, dibandingkan dengan fungsi organ orang yang tidak beraktivitas fisik. Saat bergerak naik dan turun tangga tulang dan otot bergerak aktif dan menggunakan gula sebagai energi, sehingga orang yang rutin menggunakan tangga kadar gula darahnya akan lebih stabil dan aktivitas ini ternyata baik diterapkan oleh penderita penyakit kencing manis.

Menjaga Kesehatan Mental 

Tubuh melepaskan hormon endorfin saat berolahraga, termasuk saat naik dan turun tangga. Hormon endorfin memberikan perasaan senang. Tidak hanya itu, aliran darah ke seluruh tubuh dan kepala juga menjadi lebih lancar. Sehingga, naik dan turun tangga dapat memperbaiki suasana hati, tidak mudah stres, dan membuat lebih fokus saat bekerja. Tubuh jadi lebih produktif saat bekerja dan pikiran jadi lebih positif.

Biaya Lebih Terjangkau

Dibandingkan dengan pemasangan lift ataupun eskalator, pemasangan tangga rumah jauh lebih terjangkau biayanya. Dari sekian banyak jenis tangga, tangga minimalis  menjadi pilihan yang terbaik karena fungsinya yang sama dengan tangga jenis lain, namun biayanya lebih terjangkau, bentuknya sederhana tapi tetap estetik, serta pembangunannya tidak memakan banyak area rumah. Beberapa rekomendasi lokasi posisi tangga yang ideal dan hemat ruang, yaitu di sudut ruang, tangga diapit tembok, tangga spiral di tengah rumah, tangga di dekat jendela, tangga di dekat dapur, dan tangga di dekat pintu masuk.

Yuk, segera pilih tangga rumah yang paling sesuai dengan konsep hunianmu!

Recommended For You

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *