26 Mei 2024
ciri-ciri dan gejala yang dialami pecandu narkoba

Pecandu narkoba memiliki berbagai tanda dan gejala yang mereka alami. Gejala tersebut mudah dikenali, sehingga dapat membantu orang terdekat ketika mereka menunjukkan tanda-tanda atau gejala yang mengarah ke kecanduan narkoba. Dengan begitu, mereka bisa lebih cepat mendapatkan rehabilitasi.

Ciri-Ciri Umum Kecanduan Narkoba

Adapun ciri-ciri dari kecanduan narkoba tergantung dari jenis narkoba yang mereka konsumsi. Dikutip dari inilah.com, ciri-ciri yang umum terjadi bagi percandu narkoba yaitu mengalami mata merah dan pada pupilnya mengecil ataupun membesar, mengalami penurunan berat badan yang signifikan, nafsu makan menurun dan pola tidur menjadi tidak teratur.

Selain itu, pecandu narkoba cenderung tidak memperdulikan penampilannya. Contohnya seperti jarang mandi ataupun jarang mengganti pakaian yang  dikenakan, sering mengalami mimisan, tubuh sering terasa bergetar hingga kejang, mudah merasa lelah dan sedih ataupun senang yang luar biasa, sulit konsentrasi, sering merasa cemas dan tidak jarang menarik diri dari lingkungan sekitar.

Orang yang kecanduan narkoba cenderung lebih berani untuk melakukan hal-hal yang berbahaya yang tidak masuk akal. Maka dari itu, perlu adanya penanggulangan dari orang-orang yang ada disekitarnya sebelum mereka mendapatkan layanan rehabilitasi.

Dampak Buruk Penyalahgunaan Bagi Tubuh

Narkoba sendiri memiliki dampak yang buruk bagi tubuh. Dampak buruk tersebut contohnya seperti terganggunya fungsi sistem saraf pusat, sehingga itu juga akan mempengaruhi sistem kerja pada jantung. Tidak hanya itu, pecandu narkoba mereka cenderung lebih mudah depresi, kesulitan dalam pola tidur hingga hal yang terburuk mungkin terjadi yaitu mengakibatkan kematian.

Sementara dampak buruk selanjutnya bagi anak atau remaja yang menggunakan narkoba adalah mereka mengalami perubahan pada sikapnya, perilaku dan kepribadiannya yang cenderung tidak peduli terhadap aturan-aturan yang ada disekitar, sulitnya dalam berkonsentrasi, mudah merasa tersinggur dan tidak peduli dengan dirinya sendiri.

Seperti itulah ciri-ciri tanda dan gejala dampak buruk yang akan dialami oleh pecandu narkoba. Bagi generasi muda penerus bangsa, janganlah kalian mendekati yang namanya narkoba apalagi mencoba mengkonsumsi narkoba jenis apapun itu.

Nah, jika kalian melihat gejala-gejala diatas dialami orang terdekat dan ingin mengajukan layanan rehabilitasi narkoba, kalian bisa langsung mengunjungi laman ashefagriyapusaka.co.id.

Selain itu, terdapat pula informasi mengenai NAPZA seperti bahaya kokain, efek buruk ganja bagi tubuh, tentang psikotropika hingga zat adikitif lainnya. Semoga ulasan ini bisa menambah wawasan dan memberikan manfaat, ya!

Tinggalkan Balasan