20 Juli 2024
hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli asuransi kesehatan untuk keluarga

source: fortuneidn.com

Kesehatan merupakan aspek terpenting dalam kehidupan manusia. Dengan hidup sehat, seseorang bisa mendapatkan kualitas hidup yang baik, cenderung lebih bahagia, produktif, dan dapat menikmati kehidupan sehari-hari dengan lebih baik.

Kesehatan yang baik juga mendukung hubungan sosial yang positif, seseorang akan lebih aktif secara sosial, memiliki energi untuk berinteraksi, dan membangun hubungan yang baik dengan orang lain.

Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan agar tidak terganggu, dengan menjaga gaya hidup sehat dan seimbang. Selain menjaga dari faktor gaya hidup, sebaiknya Anda juga harus mengambil tindakan seperti memiliki asuransi kesehatan keluarga.

Ada beberapa alasan mengapa keluarga membutuhkan asuransi kesehatan keluarga. Asuransi kesehatan keluarga dapat memberikan perlindungan finansial dan kesehatan yang penting bagi anggota keluarga.

Seperti untuk perlindungan finansial, mendapatkan akses perawatan kesehatan yang berkualitas, tanggung jawab finansial, perawatan preventif, hingga memberikan dampak keamanan dan ketenangan pikiran.

Melansir dari cermati.com, asuransi kesehatan keluarga adalah produk asuransi yang dirancang khusus untuk memberikan perlindungan kesehatan kepada seluruh anggota keluarga dalam satu polis.

Ini dapat memberikan manfaat finansial yang penting dalam menghadapi biaya perawatan kesehatan yang tidak terduga.

Sebelum membeli asuransi kesehatan untuk keluarga, perhatikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu, yang dikutip dari situs diarybunda.com:

– Sesuaikan kebutuhan keluarga dan manfaat dari asuransi

Ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai produk untuk asuransi kesehatan keluarga. Masing-masing memberikan manfaat yang beragam. Sebelum menentukan untuk memilih asuransi, sebaiknya kenali dulu kebutuhan Anda dan keluarga.

Anda juga harus mengetahui perlindungan komprehensif yang ditawarkan oleh pihak asuransi seperti, perlindungan komprehensif terhadap biaya kesehatan yang mungkin timbul.

Anda juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan Anda seperti jumlah polis asuransi apakah mencakup seluruh anggota keluarga atau tidak, seperti termasuk pasangan dan juga anak-anak. Karena hal tersebut dapat memudahkan manajemen dan memberikan perlindungan bagi seluruh anggota keluarga.

Hitung besaran premi sesuai dengan kemampuan atau budget yang telah disiapkan. Lebih besar manfaat akan sebanding dengan jumlah premi yang harus dibayarkan. Jadi Anda harus sesuaikan dengan kemampuan Anda dalam membayar premi.

– Sistem pembayaran

Dalam sistem pembayaran asuransi, terdapat dua jenis, yaitu secara cashless atau reimbursement. Sistem cashless adalah metode pembayaran dimana Anda hanya perlu memberikan kartu asuransi, tanpa harus melakukan pembayaran layanan kesehatan terlebih dahulu.

Sedangkan sistem reimbursement, Anda akan melakukan pembayaran secara mandiri terlebih dahulu, kemudian Anda harus melengkapi beberapa dokumen terkait penggantian dana. Setelah itu dana kesehatan yang telah Anda keluarkan akan diganti oleh pihak asuransi.

– Pemilihan fasilitas kesehatan dan jaringan rumah sakit

Polis asuransi kesehatan keluarga sering memberikan fleksibilitas dalam pemilihan fasilitas kesehatan, memungkinkan pemegang polis untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit atau klinik tertentu yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi.

Pastikan juga perusahaan asuransi memiliki rekanan layanan kesehatan yang luas, sehingga akan memudahkan Anda untuk mengakses ketika sedang dalam keadaan darurat.

Selain beberapa poin diatas, ada juga beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan, seperti Masa Tunggu dan Pembatasan Prakondisi, prosedur perpanjangan dan pembatalan polis, hingga pilihan tambahan lainnya seperti untuk kesehatan mental dan manfaat lainnya.

Sebelum membeli asuransi kesehatan keluarga, disarankan untuk membandingkan berbagai penawaran dari perusahaan asuransi, memahami dengan baik syarat dan ketentuan polis, serta memilih polis yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran keluarga.