20 Juli 2024
rumah di cibubur

Kapan waktu yang tepat untuk membeli rumah di Cibubur? Pertanyaan ini pasti sering terlintas di benak orang-orang yang masih bingung kapan harus membeli rumah sendiri. Harga properti yang terkadang tidak masuk akal, seperti banyaknya cicilan bulanan, dokumen administrasi yang rumit, dan biaya perawatan rumah menjadi alasan utama mengapa orang, lebih memilih untuk memutuskan belum membeli rumah.

Namun suka atau tidak suka, Anda harus memikirkan rumah untuk masa depan, apalagi jika ingin menikah. Jadi kapan waktu yang tepat untuk membeli ? Bagi Anda yang masih bingung, berikut panduan untuk dijadikan patokan saat membeli rumah Cibubur.

Ketika Harga Rumah Rendah

Ketika harga rumah rendah, misalnya, ketika nilai rumah diperkirakan Rp 3 miliar pada tahun 2014 dan tidak ada peningkatan pada tahun 2015, maka harga properti dapat dikatakan rendah.

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh melemahnya perekonomian domestik, peraturan pemerintah yang diduga tidak jelas, dan juga melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar yang biasanya mengguncang industri properti.

Baca Juga: Tips Membeli Rumah Untuk Keluarga Muda

Saat DP Sudah Siap

Ketika rumah tidak bisa dibeli dengan uang tunai, pembayaran secara kredit dapat mempermudah. Namun, langkah yang harus dilakukan salah satunya adalah menyiapkan uang muka (DP) yang besarnya kurang lebih 20 persen dari total harga jual rumah yang dibeli.

Jika Anda sudah bekerja dan memiliki tabungan yang cukup untuk membayar DP, kini saatnya membeli rumah. Anda bisa langsung mencari acara penjualan rumah atau menghubungi agen real estate yang akan menjual rumah pilihan Anda.

Suku Bunga

Faktor selanjutnya yang menentukan waktu yang tepat untuk membeli rumah adalah suku bunga. Jika Anda memiliki cukup uang untuk membeli rumah, perhatikan suku bunga saat ini. Jika suku bunga tinggi pada saat ini, lebih baik menunggu sampai rendah dulu.

Penjual Rumah Membutuhkan Uang Cepat

Tidak jarang, ada pemilik properti yang membutuhkan uang segera. Di antara mereka ada yang menjual rumahnya dengan harga yang agak miring. Saat Anda menemukannya, penjual rumah yang membutuhkan uang cepat, Anda bisa memanfaatkan momen ini. Anda tidak hanya dapat membantunya dengan uang Anda, tetapi rumah yang Anda inginkan sudah ada di tangan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *