20 Juli 2024
dash diet

Bagi seseorang yang menderita hipertensi, maka disarankan untuk melakukan diet hipertensi. Dikenal diet untuk orang yang hipertensi disebut dengan DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension. Diet DASH dikenal dengan mengubah pola makan sehat untuk menurunkan dan mencegah tekanan darah tinggi tanpa menggunakan obat.

Salah satu cara melakukan diet DASH adalah dengan mengurangi asupan garam, lemak dan kolesterol lalu meningkatkan asupan protein, berat dan juga kalsium serta kalium pada makanan sehari-hari.

Tips Diet DASH Untuk Hipertensi

Untuk yang ingin melakukan diet DASH, berikut beberapa tips yang bisa dicoba.

Mengurangi Garam Pada Masakan

Langkah pertama yaitu dengan mengubah gaya hidup tidak sehat termasuk ke dalam konsumsi garam. Garam adalah salah satu penyebab hipertensi jika dikonsumsi secara berlebihan. Karena dalam garam yang tinggi bisa menimbulkan retensi cairan di dalam tubuh yang menyebabkan volume dalam air pembuluh darah meningkat jadi tekanan pembuluh darah naik.

Disarankan untuk konsumsi garam tidak lebih dari satu sendok teh perhari atau setara dengan 2300 mg untuk orang normal. Namun bagi yang mengalami hipertensi penggunaan garam perlu lebih rendah yaitu 1500 mg per hari.

Pakai Bumbu Pengganti Garam

Penderita hipertensi tentu tidak bisa mengkonsumsi garam dalam batas normal atau menggunakan bumbu pengganti garam. Anda bisa mengganti dengan bahan lain seperti bawang putih, bawang merah, jahe, kemiri, kunyit, kencur, laos, daun salam, lemon, juga merica atau lada hitam. Semuanya bisa dicoba sebagai bumbu untuk masak daging.

Jika ingin menumis tentu saja membutuhkan garam namun bisa diganti dengan mentega yang tidak punya kandungan natrium. Anda juga disarankan untuk memakan masakan yang dipanggang dan direbus daripada digoreng yang punya kandungan banyak minyak.

Jangan Konsumsi Makanan Kaleng

Sebaiknya jangan konsumsi makanan kaleng bagi penderita hipertensi. Diet hipertensi mengajak Anda untuk mengurangi asupan makanan cepat saji dan makanan kaleng karena punya kandungan natrium yang tinggi. Anda juga tidak boleh konsumsi minuman ringan karena mengandung garam tambahan.

Terlebih juga harus menghindari makanan beku, namun juga ingin membelinya maka pilih yang kandungan natriumnya 600 mg atau kurang dari itu.

Untuk melakukan diet hipertensi Anda juga wajib baca label makanan saat beli makanan keemasan. Anda yang ingin melakukan diet dengan panduan tepat maka bisa mengunjungi Sirka.io. Dimana Sirka dapat menjawab permasalahan diet, berat badan dan juga pola makan yang tidak sehat.

Anda akan dibantu untuk menemukan pola makan sehat dalam jangka panjang, membantu menurunkan kolesterol hingga mewujudkan pola makan yang baik untuk yang sedang mengalami hipertensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *