19 Juli 2024
langkah pencegahan penggunaan narkoba

Bagi suatu bangsa penyalahgunaan narkoba menjadi fenomena yang menakutkan. Perkembangan penggunaan narkoba kini sudah merambah diberbagai golongan. Padahal dampak buruk dari penyalahgunaan narkoba sangat banyak. Apabila kondisi tersebut tidak segera teratasi maka akan berakibat menurunnya kualitas generasi penerus bangsa.

Artikel ini akan mengenalkan anda lebih jauh mengenai narkoba dan bagaimana cara mencegah agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Dilansir dari inilah.com, narkoba ialah kependekan dari narkotika dan obat-obatan berbahaya yang biasanya juga dikenal dengan napza atau narkotika, psikotropika, dan zat adiktif.

Faktor Penyebab Penyalahgunaan Narkoba

Penyebab dari penyalahgunaan narkoba umumnya berasal dari dalam diri sendiri, lingkungan sosial, budaya dan lain sebagainya. Namun yang paling sering terjadi dalam kasus penyalahgunaan narkoba ialah karena maraknya pengedar narkoba yang ada di sekeliling.

Misalnya di permukiman tempat tinggal, sekolah, tempat kerja, di jalanan, warung-warung kecil dan lain sebagainya. Biasanya mereka bertransaksi secara ilegal dan sembunyi-sembunyi.

Upaya Pencegahaan yang Dapat Dilakukan

Cara yang dapat diambil dalam mencegah penyalahgunaan narkoba diantaranya melalui:

Pencegahan Primer

Langkah yang dapat dilakukan dengan pencegahan ini diberikan kepada orang yang belum mengenal narkoba dan juga masyarakat yang memiliki potensi mencegah penyalahgunaan narkoba.

Aktivitas yang dapat dilakukan dalam melakukan pencegahan ini diantaranya:

  • Sosialisasi mengenai bahaya narkoba
  • Menggunakan media sebagai sarana untuk mempublikasikan mengenai bahaya narkoba
  • Memberikan pengetahuan tentang bahaya narkoba di sekolah

Pencegahan Sekunder

Upaya pencegahan ini diberikan kepada masyarakat yang sedang coba-coba dalam penyalahgunaan narkoba. Aktivitas yang dapat dilakukan dalam melakukan pencegahan ini antara lain:

  • Melakukan deteksi dini pada anak yang melakukan penyalahgunaan narkoba
  • Bimbingan sosial
  • Konseling

Pencegahan Tersier

Upaya ini dapat dilakukan kepada masyarakat yang sedang dalam penyalahgunaan narkoba atau pengguna yang sudah tidak memakai lagi.

Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya:

  • Bimbingan sosial kepada pengguna dan keluarganya
  • Menciptakan lingkungan sekitar yang kondusif dan bebas narkoba

Efek penyalahgunaan narkoba yang sangat membahayakan dan menyebabkan ketergantungan sudah pastinya untuk dihindari. Selain pencegahan yang telah disebutkan di atas, lingkungan keluarga memiliki potensi yang sangat kuat supaya anggota keluarganya dapat terhindar dari penyalahgunaan narkoba.

Apabila ingin mencari tahu lebih banyak terkait informasi seputar NAPZA atau informasi menarik lainnya, langsung saja kunjungi laman inilah.com atau suara.com. Di sana, kita akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan baru soal dunia, seperti misalnya penyelenggaraan KTT G20 di Bali. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *