20 Juli 2024
berkas beasiswa MEXT

source: we-xpats.com

Fasilitas beasiswa merupakan salah satu faktor penting yang calon penerima beasiswa pertimbangkan dalam memilih program studi yang tepat.

Salah satu beasiswa dari pemerintah Jepang yang memiliki banyak peminat adalah Beasiswa MEXT (Ministry of Education, Culture, Sports, Science, and Technology).

Oleh sebab itu, banyak pendaftar yang mempersiapkan berkas Beasiswa MEXT dengan sangat baik agar bisa menikmati fasilitas beasiswa yang mempermudah perjalanan studi di Jepang.

Berikut ini beberapa fasilitas beasiswa MEXT yang bisa Anda dapatkan jika lolos seleksi. Yuk, simak ulasannya sampai selesai agar tidak ada informasi yang terlewatkan!

Biaya Kuliah Gratis

Salah satu keuntungan utama dari Beasiswa MEXT adalah pembebasan biaya kuliah. Bagi para penerima beasiswa, biaya kuliah di universitas terpilih sepenuhnya akan ditanggung oleh pemerintah Jepang.

Hal ini merupakan kesempatan emas bagi para pelajar yang memiliki keterbatasan finansial, namun memiliki potensi akademis yang tinggi untuk mengejar pendidikan di negara maju seperti Jepang.

Biaya Hidup Bulanan

Selain biaya kuliah, Beasiswa MEXT juga menyediakan tunjangan hidup bulanan bagi para penerima. Tunjangan ini bertujuan untuk membantu menutupi biaya hidup sehari-hari di Jepang.

Besarnya tunjangan hidup bervariasi tergantung pada tingkat studi dan jumlahnya cukup untuk mendukung gaya hidup yang layak bagi para pelajar.

Bagi mahasiswa S1 akan mendapatkan 117,000 yen (sekitar Rp12 juta), S2 memperoleh 144,000 yen (sekitar Rp14,9 juta), dan S3 menerima 145,000 yen (sekitar Rp15 juta).

Biaya Pengurusan Visa Pelajar

Proses pengurusan visa pelajar dapat menjadi hal yang rumit dan memakan waktu bagi calon pelajar internasional. Dengan Beasiswa MEXT, biaya pengurusan visa pelajar sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah Jepang.

Selain itu, para penerima beasiswa juga akan mendapatkan bantuan dalam proses pengurusan dokumen dan persiapan administrasi lainnya yang diperlukan untuk memperoleh visa pelajar.

Tiket Pesawat Pulang-Pergi

Salah satu fasilitas yang sangat menguntungkan dari Beasiswa MEXT adalah tiket pesawat pulang-pergi dari Indonesia ke Jepang dan sebaliknya.

Pemerintah Jepang memberikan tiket pesawat secara gratis kepada para penerima beasiswa untuk memudahkan perjalanannya ke Jepang.

Pastinya, hal ini akan membantu mengurangi beban finansial yang biasanya terkait dengan biaya perjalanan internasional.

Asrama Universitas

Beberapa universitas di Jepang menyediakan fasilitas asrama bagi para mahasiswa internasional.

Namun, jika universitas yang penerima pilih tidak memiliki fasilitas asrama, pihak universitas akan membantu dalam mencari tempat tinggal sesuai dengan kebutuhan dan preferensinya.

Dengan begitu, para pelajar akan mendapatkan akomodasi yang nyaman dan terjangkau selama masa studi di Jepang.

Hadirnya Beasiswa MEXT menjadi kesempatan luar biasa bagi pelajar internasional untuk mengejar pendidikan tinggi di Jepang tanpa harus khawatir tentang beban finansial yang berat.

Tertarik untuk melanjutkan pendidikan dengan menggunakan beasiswa MEXT? Anda bisa menghubungi Kobi Education untuk mulai mempersiapkan diri sebaik mungkin. Kobi siap membantu Anda dengan menawarkan berbagai program yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Mulai dari program TOEFL ITP dan IELTS Preparation untuk memperbaiki kemampuan berbahasa Inggris hingga proofreading bersama tim yang profesional. Proofreader Kobi akan memastikan Anda memiliki esai yang berkualitas untuk meningkatkan peluang lolos seleksi beasiswa.

Tunggu apalagi? Mari kunjungi kobieducation.com dan wujudkan impian belajar di Jepang dengan dukungan Kobi Education! Semoga berhasil!