20 Juli 2024
alat safety yang wajib digunakan

source: i0.wp.com

Alat Pelindung Diri (APD) atau alat safety adalah perangkat yang dirancang untuk menjaga keselamatan seseorang dengan mengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari potensi bahaya yang mungkin muncul di tempat kerja.

APD terdiri dari berbagai komponen yang harus dipakai oleh pekerja sesuai dengan risiko dan bahaya kerja yang ada, bertujuan untuk melindungi keamanan pekerja dan juga orang di sekitarnya.

Pengusaha memiliki tanggung jawab untuk menyediakan APD sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) kepada para pekerja, yang dapat diperoleh dari toko alat safety yang terpercaya.

Berikut adalah beberapa rekomendasi alat safety yang wajib digunakan pekerja untuk mengurangi risiko kecelakaan. Simak ulasannya sampai tuntas, ya!

Helm Keselamatan

Helm keselamatan berperan dalam melindungi kepala dari benturan atau jatuhnya benda berat. Helm ini juga memberikan perlindungan terhadap kontak dengan bahan kimia, panas, dan suhu ekstrem.

Pada pekerjaan dengan risiko lebih rendah, penggunaan topi atau penutup kepala bisa menjadi pilihan sebagai pelindung.

Sabuk Keselamatan

Pekerjaan tertentu mungkin memerlukan pekerja berada dalam posisi berbahaya, seperti miring, bekerja di ketinggian, atau masuk ke ruang sempit.

Sabuk keselamatan digunakan untuk membatasi gerakan pekerja agar tidak jatuh atau terlepas dari posisi tersebut. Ini terdiri dari harness, tali pengaman, dan perangkat lain yang digunakan bersama dengan karabiner, clamp tali, dan lainnya.

Sepatu Boot

Sepatu boot keselamatan digunakan untuk melindungi kaki dari benturan, terjepit benda berat, cairan panas, tusukan benda tajam, bahan kimia berbahaya, serta untuk mencegah tergelincir pada permukaan licin.

Keunggulannya terletak pada perlindungan ekstra yang diberikan oleh model boot yang melindungi hingga ke betis dan tulang kering.

Masker

Berbagai jenis masker tersedia sebagai APD, seperti masker wajah, respirator, dan perangkat bantu pernafasan lainnya.

Fungsinya adalah melindungi sistem pernafasan dengan menyaring udara dari bahan kimia, debu, atau gas berbahaya. Ini memastikan bahwa udara yang dihirup bersih dan aman bagi tubuh.

Kacamata Pengaman

Kacamata pengaman diperlukan untuk melindungi mata dari partikel di udara, cairan, benda panas, percikan kecil, dan sejenisnya.

Selain itu, kacamata pengaman juga menghalangi cahaya yang berbahaya serta benturan dari benda keras dan tajam. Jenisnya dapat berupa google glass atau kacamata biasa.

Sarung Tangan

Sarung tangan memiliki peran penting dalam melindungi jari-jari dari suhu ekstrem, radiasi, arus listrik, luka akibat benda tajam, serta risiko infeksi dari zat patogen seperti virus dan bakteri.

Material sarung tangan bervariasi sesuai kebutuhan, bisa terbuat dari kulit, kain, kanvas, logam, atau material lainnya.

Itulah 6 rekomendasi APD atau alat safety yang wajib digunakan demi keselamatan kerja. Anda bisa memenuhi kebutuhan alat safety di Depo Safety Indonesia. Distributor alat safety ini menyediakan berbagai kebutuhan alat safety berstandar SNI dan nasional untuk menunjang keselamatan kerja para pekerja yang bekerja dengan risiko kecelakaan tinggi.

Depo Safety Indonesia menawarkan harga perlengkapan alat safety dengan harga yang paling ekonomis. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, silakan kunjungi laman deposafetyindonesia.com. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *