20 Juli 2024
industri pariwisata

Mungkin Kementerian Pendidikan dan Pariwisata masih terasa asing bagi Anda. Ya, fakultas ini sudah resmi terakreditasi sejak tahun 2008 dengan jumlah lulusan yang terbatas. Padahal, peluang atau prospek bekerja di industri pariwisata sangat besar karena pariwisata di Indonesia sudah menyebar dari Sabang sampai Merauke. Program Studi Pendidikan Pariwisata merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Budaya. Program studi sendiri terbagi menjadi beberapa peminatan seperti manajemen pariwisata, pariwisata bisnis, manajemen pariwisata bisnis dan lain-lain.

Hal-hal yang biasa kamu lihat pada saat liburan seperti hotel, sewa kendaraan, pemandu wisata, outdoor cushion foam, perlengkapan traveling dan lain sebagainya dapat menjadi salah satu bidang yang kamu dalami sebagai orang yang bergerak di bidang pariwisata. Lalu kira-kira apa saja peluang yang bisa kita usahakan? Simak ulasan di bawah ini.

1. Manajemen pariwisata

Pertama-tama, Anda dapat berkarir sebagai manajer pariwisata. Jurusan manajemen pariwisata dapat memberi Anda pilihan karir sebagai manajer pariwisata baru atau sebagai tujuan wisata yang tidak dikelola yang cocok di daerah Anda. Dalam hal pendapatan, Anda memiliki kesempatan untuk menerima gaji yang tinggi. Semakin banyak jumlah wisatawan yang berkunjung, semakin besar penghasilan yang Kamu kumpulkan.

2. Travel Blogger

Menjadi seorang travel blogger bisa menjadi salah satu prospek kerja pariwisata yang mumpuni. Pasalnya, Kamu bisa mendapatkan bayaran fantastis dari pemasangan iklan. Selain itu, Kamu juga bisa menulis sebuah buku, mengikuti lomba wisata dan lain-lain. Tentu saja, Anda harus pandai menggabungkan foto dan teks menjadi gambar yang menarik. Penghasilan yang didapat travel blogger dengan 100.000 kunjungan per bulan adalah Rp 1.000.000 per bulan. Semakin banyak orang mengunjungi blog Anda, semakin banyak pendapatan yang Anda dapatkan.

3. PNS

Gaji seorang PNS bisa berkisar dari jutaan hingga puluhan juta. Gaji posisi administrasi dan fungsional kelas satu saja sampai dengan Rp 3.000.000 tidak termasuk tunjangan dan tunjangan lainnya. Sedangkan posisi teratas bisa mencapai Rp 26.000.000 hingga Rp 39.000.000. Menarik bukan? Lulusan program studi pariwisata dapat mengajukan permohonan rekrutmen CPNS pada Kementerian Pariwisata. Namun  persiapan yang matang juga diperlukan karena jumlah pendaftar CPNS tidak sedikit.

4. Dinas Pariwisata

Lulusan pariwisata dapat bekerja di biro perjalanan  untuk mendapatkan informasi tentang rute penerbangan, tempat wisata, kamar hotel dan sejenisnya. . Semakin banyak Anda dapat berkomunikasi dalam bahasa asing, semakin besar peluang Anda untuk mendapatkan gaji yang menarik. Jika Anda bekerja di biro perjalanan, Anda berpeluang mendapatkan gaji mulai dari Rp 3.000.000 per bulan. Semakin tinggi posisi Anda di perusahaan, semakin tinggi  gaji yang akan Anda terima.

5. Pemandu wisata

Suka bepergian dan tahu cara berkomunikasi, Anda bisa menjadi pemandu wisata. Anda dapat memilih untuk menjadi pemandu wisata domestik atau asing. Tentu saja harga yang tertera juga bervariasi, namun  guide juga bisa mendapatkan tips dari wisatawan! Dalam satu tutorial Anda bisa mendapatkan bayaran Rp 500.000. Semakin banyak turis yang Anda pandu, semakin banyak  penghasilan yang bisa Anda peroleh.

Dunia pariwisata memang sangat luas dan memiliki potensi yang cukup tinggi. Banyak perusahaan di dunia travel melalui human resources yang membuka lowongan bagi para lulusan jurusan pariwisata. Oleh sebab itu jangan khawatir bagi kamu para lulusan pariwisata tidak mendapatkan pekerjaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *