20 Juli 2024
cara loyalty program bisa menarik pelanggan

Saat menjalankan suatu bisnis, tentunya kepuasan dan kesetiaan pelanggan menjadi hal yang penting dan harus dipertahankan. Dengan adanya pelanggan inilah yang bisa membuat bisnis Anda terus berkembang kedepannya.

Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah membuat loyalty program yang menarik, sehingga pelanggan tidak pergi kemana-mana. Lalu bagaimana caranya? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Cara Membuat Loyalty Program yang Menarik 

Loyalty program atau program loyalitas merupakan sebuah program penghargaan atau reward yang Anda buat untuk pelanggan, sehingga pelanggan tetap setia menggunakan produk atau jasa yang bisnis Anda tawarkan. Contoh loyalty program ini seperti membership, poin, diskon, cashback, voucher khusus dan lainnya.

Sayangnya, dengan banyaknya keuntungan dari loyalty program yang Anda berikan, tidak semuanya berhasil menarik minat pelanggan. Oleh karena itu, Anda perlu tahu bagaimana caranya agar loyalty program ini diminati oleh pelanggan. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah,

  • Jangan hanya fokus dengan reward diskon saja

Program loyalitas memang biasanya memberikan reward berupa diskon yang cukup banyak, tapi perlu diingat bahwa bisnis lain juga banyak yang memberikan diskon. Maka dari itu, buatlah loyalty program yang tidak hanya fokus pada diskon saja. Bisa dibuat layanan lain yang jauh lebih menguntungkan bagi pelanggan.

  • Buat reward yang berkaitan dengan bisnis

Pelanggan setia bisnis Anda tentu menginginkan hal-hal menguntungkan dari menggunakan produk atau layanan. Maka dari itu, Anda juga perlu membuat reward yang berkaitan dengan bisnis. Seperti misalnya bisnis Anda bergerak di bidang kesehatan, Anda bisa memberikan reward berupa poin setiap pelanggan melakukan aktivitas kesehatan seperti olahraga, tidak merokok, dan lainnya.

  • Gunakan informasi yang dimiliki

Tentunya Anda memiliki informasi mengenai pelanggan Anda bukan? Gunakan data tersebut untuk mengetahui apa yang pelanggan butuhkan dan inginkan.

  • Jalin hubungan baik dengan pelanggan

Pastikan bisnis Anda memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan selalu tertarik dengan program loyalty apapun yang Anda buat.

  • Buat loyalty program yang bervariasi

Pastikan untuk membuat suatu program yang bervariasi, sehingga pelanggan tidak perlu berpindah pada produk atau jasa yang lain.

Itulah 5 cara yang bisa Anda lakukan agar loyalty program bisnis bisa menarik perhatian pelanggan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *